Inilah Menu Takjil Dari Sumatera Barat Untuk Berbuka Puasa

menu buka puasa sumatra barat
menu buka puasa sumatra barat

Ada banyak pulau dan suku bangsa di Indonesia ini yang masing masingnya itu memiliki makanan khasnya sebagai salah satu cirinya misalnya saja Sumatera Barat.

Datangnya bulan Ramadhan ini bisa kita jadikan momen untuk mengenal makanan khas Sumatera Barat yang dapat kita jadikan sebagai menu berbuka puasa. Pada saat menjalankan puasa ini adanya waktu makan yang menjadi momen spesial bagi orang yang menjalankan puasa yaitu waktu berbuka puasa.

Sehingga tidak heran jika kita menyajikan menu buka puasa itu dengan makanan yang spesial termasuk menu takjilnya. Berikut beberapa menu takjil dari Sumatera Barat untuk berbuka puasa diantaranya yaitu :

Menu Buka Puasa Takjil Dari Sumatera Barat

  1. Lamang Tapai

Makanan lamang tapai ini terbuat dari ketan putih yang dibakar lalu disajikan lengkap dengan tapai yang terbuat dari ketan hitam. Lamang tapai ini didalam proses pembuatannya itu unik dan juga tradisional. Karena untuk membuat lamang tapai ini akan dibutuhkannya sebilah ruas bambu muda.

Cara pembuatannya adalah beras ketan dicuci terlebih dahulu, setelah dicuci bersih beras ketan itu dimasukkan kedalam ruas bambu muda yang sebelumnya dalam bambunya itu dilapisi dengan daun pisang.

Kemudian santan dituangkan kedalam bambu itu lalu dibakar. Yang mesti diperhatikan adalah pada saat membakarnya itu harus hati hati agar ruas bambu tidak sampai terbakar.

  1. Lapek Sagan Dan Lapek Bugih

Makanan lapek sagan ini terbuat dari campuran antara beras ketan, pisang kepok, kelapa muda, dan yang lainnya. Lalu semua bahan itu dibungkus dengan daun pisang dan direbus.

Sedangkan lapek bugih terbuat dari beras ketan, kita bisa menggunakan beras ketan hitam atau juga beras ketan putih. Dan isian dari makanan itu adalah kelapa yang dicampur dengan gula Jawa.

  1. Aia Aka

Aia aka ini merupakan minuman manis yang akan dapat menyegarkan ketika berbuka puasa. Minuman ini terbuat dari cincau sebagai bahan utamanya.

Cincau yang digunakan didalam minuman ini adalah yang terbuat dari cincau alami yaitu cincau yang dibuat secara tradisional dari daun cincau asli. Hal itulah yang menyebabkan warna dari cincau itu akan berwarna hijau mengkilat. Dan akan berbeda dengan cincau pada umumnya yang berwarna hitam.

Itulah beberapa menu buka puasa takjil dari Sumatera Barat untuk berbuka puasa. Ketiga takjil diatas dapat kamu jadikan alternatif sebagai menu takjil berbuka puasa pada saat kamu merasa bosan dengan menu kolak pisang yang memang merupakan ikon dari takjil untuk berbuka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*