Makanan Khas Ramadhan Untuk Buka Puasa Dari Beberapa Negara

makanan buka puasa khas negara
makanan buka puasa khas negara

Berbuka puasa merupakan momen yang sangat ditunggu tunggu oleh seluruh umat islam didunia selama bulan Ramadhan. Saat berbuka puasa ini adalah puncaknya kenikmatan karena kita akan dapat makan dan minum lagi setelah seharian berpuasa menahan lapar dan haus. Rasa dahaga yang berlebihan karena seharian menjalankan ibadah puasa akan dapat hilang ketika berbuka dengan yang manis.

Tetapi adanya beberapa menu buka puasa yang khas dari beberapa negara dan itu menjadi ikon makanan khas Ramadhan sebuah negara, karena menu makanan itu biasanya hanya akan dapat ditemukan di bulan Ramadhan saja. Berikut beberapa makanan khas Ramadhan untuk berbuka dari beberapa negara diantaranya yaitu :

  1. Kolak Pisang Di Indonesia

Kolak pisang ini merupakan makanan yang paling sering dijumpai di waktu berbuka puasa. Tetapi selain pisang didalam makanan kolak ini kita bisa mencampurkannya atau mengantikannya dengan bahan yang lain seperti ubi, singkong, dan labu. Kuah dari kolak ini terbuat dari santan dan gula merah, dan bahkan ada yang menambahkannya dengan pacar cina.

  1. Hyderabadi Haleem Di India

Makanan Hyderabadi Haleem ini merupakan salah satu makanan yang populer di India. Makanan ini berupa bubur khas India yang memiliki citarasa yang gurih dan nikmat. Citarasa yang lezat dari bubur ini berasal dari bumbu bumbu tradisonal yang ada didalamnya seperti bawang putih, jahe, kunyit, kayu manis, jinten, kapulaga, cengkeh, dan lada hitam. Dan bahan utama yang digunakannya adalah daging sapi atau kambing, kacang lentil, dan juga gandum.

  1. Nasi Briyani Di Singapura

Nasi briyani ini merupakan makanan yang terbuat dari beras basmati. Berasnya itu memiliki tekstur panjang dan lembut sehingga akan menghasilkan nasi yang bentuknya itu lebih panjang dari nasi yang biasanya. Yang unik dari nasi briyani ini adalah cara penyajiannya karena lauknya itu diletakkan di tengah tengah nasi. Sehingga nasi briyaninya itu akan diletakkan diatas piring kosong lalu diletakkan lauknya dan ditutupi lagi dengan nasi briyaninya.

  1. Harira Di Maroko

Sup harira ini terbuat dari bahan tomat dan kacang lentil, selain rasanya enak tetapi makanan ini juga sehat. Ada banyak variasi dari makanan ini, sup harira ini juga terkenal sebagai sup khas Ramadhan dengan bahan utamanya itu daging domba. Didalam penyajiannya juga bisa ditambahkan dengan mie atau sayuran.

Itulah beberapa makanan khas Ramadhan untuk berbuka dari beberapa negara. Selain itu masih ada roti Pide yang berasal dari Turki dan Lham Lhalou menu khas Algeria.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*