10 Tips Pola Hidup Sehat yang Harus Kamu Jalani Agar Tetap Fit!

10-tips-pola-hidup-sehat-agar-tetap-fit

KulineranKuy.com – Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tidak melulu hanya memerhatikan asupan makanan saja, namun juga gaya hidup yang kita jalani. Ada beberapa tips pola hidup sehat yang harus kita ikuti dan jalani.

Memang terkadang mengikuti aturan yang ada untuk menjalani pola hidup sehat bisa menjadi menyusahkan terlebih untuk kamu yang kurang disiplin. Namun hal tersebut mau tak mau wajib dilakukan agar kamu tetap sehat dan terjauhkan dari penyakit.

Umumnya, dalam melakukan pola hidup sehat bisa dimulai dari memerhatikan asupan gizi pada makanan dan aktif berolahraga. Namun masih ada tips pola hidup sehat lainnya yang bisa untuk Anda coba praktikkan.

Ingin tau apa saja tips-tipsnya? Simak tulisan di bawah ini ya!

1. Jalani pola makan gizi seimbang

Tips pola hidup sehat yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Gizi seimbang adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat. Dengan adanya kandungan-kandungan tersebut secara seimbang, tubuhmu akan lebih berenergi dan ternutrisi dengan baik.

2. Hindari makanan yang tinggi akan zat kimia

Makanan yang tinggi akan zat kimia bisa ditemui pada makanan instant. Meskipun praktis dan mudah pembuatannya, namun makanan jenis ini amat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pilihlah makanan yang sifatnya organik dan harus kamu olah terlebih dahulu. Namun apabila situasi benar-benar mengharuskan kamu untuk mengkonsumsi makanan instant, batasi konsumsi makanan instant tersebut.

Seperti contoh, kamu bisa membuat aturan batas normal mengkonsumsi makanan instant menjadi seminggu sekali. Dengan begitu kamu jadi tidak terlalu adiktif terhadap makanan instant.

3. Perhatikan asupan serat

Tips pola hidup sehat yang ketiga yaitu perhatikan asupan serat.

Di zaman yang serba modern ini, kita begitu banyak disuguhkan dengan makanan yang serba instant atau dikenal juga dengan sebutan fast food.

Agar kamu tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti itu, pastikan kamu juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat agar kesehatan pencernaan tetap terjaga.

Menurut ahli kesehatan, setiap manusia membutuhkan serat sebesar 25 gram per hari.

4. Batasi konsumsi garam, gula, dan lemak

Konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL) yang berlebih menjadi salah satu faktor masalah gizi di Indonesia setiap tahunnya di semua kalangan usia.

Kebanyakan orang yang sudah berusia diatas 30 tahun terkena penyakit seperti serangan jantung, diabetes, kolesterol tinggi dan berbagai macam penyakit lainnya. Hal tersebut terjadi karena pola makan yang sembarangan dan tak terjaha.

Untuk kamu yang ingin menerapkan pola hidup sehat, kamu harus membatasi konsumsi garam, gula dan lemak setiap harinya. Batas maksimal setiap harinya yaitu 4 sdm, garam 1 sdt, dan lemak 5 sdm untuk setiap orang. Usahakan batasi asupan GGL tersebut supaya kamu terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Asupan vitamin dan mineral yang cukup

Untuk menerapkan pola hidup sehat, kamu juga wajib mengkonsumsi vitamin dan mineral dengan cukup.

Sumber vitamin dan mineral bisa kamu dapatkan melalui buah-buahan dan juga air mineral.

Sayur-sayuran seperti wortel, bayam, tomat, brokoli bisa menjadi beberapa contoh sayuran yang kaya akan vitamin. Jika kamu orang yang dinamis dan aktif, maka sebaiknya kamu bisa mengkonsumsi suplemen vitamin yang dijual di apotek. Suplemen tersebut bisa kamu konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuhmu dan sebagai asupan tambahan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Tips Kesehatan dan Kecantikan Wanita dari Popbela

6. Olahraga yang teratur

Tips pola hidup sehat yang keenam yaitu berolahraga secara rutin dan teratur.

Seperti yang kita tau, olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Dengan berolahraga, metabolisme tubuh dapat berjalan sempurna. Olahraga memiliki beberapa manfaat seperti kesehatan jantung dan pernafasan, kesehatan tulang, pelemasan otot, dan masih banyak lainnya.

Lakukan olahraga yang sederhana seperti jogging, yoga dan bersepeda. Lakukan olahraga tersebut selama 30 menit setiap hari agar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Hindari olahraga berlebih karena akan membuat badanmu lemas ke esokan harinya.

7. Hindari pola hidup yang membahayakan kesehatan

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu hindari kebiasaan yang tidak sehat dan membahayakan kesehatan seperti merokok, begadang dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Apabila saat ini kamu melakukan salah satu kebiasaan tersebut, ada baiknya kamu mulai menghentikannya agar tubuhmu terbebas dari penyakit yang berbahaya di hari tua nanti.

8. Cukupi kebutuhan cairan

Tubuh manusia mengandung hampir 70% cairan. Sehingga, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan masuk lainnya agar dapat bekerja secara optimal.

Cara mencukupi kebutuhan cairan adalah dengan meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Usahakan jangan banyak meminum kopi, teh, susu karena akan merusak kinerja ginjal untuk menyaring cairan tersebut.

9. Terpapar sinar matahari pagi

Meski terdengar sepele, namun berjemur di matahari pagi memiliki banyak manfaat lho.

Sinar matahari bermanfaat untuk kesehatan tulang dan membantu mengurangi resiko penyakit autoimun dengan vitamin D yang dihasilkan cahaya matahari.

Apabila kamu adalah salah satu pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktu di ruangan tertutup dan ber-AC, ada baiknya di pagi hari sebelum ke kantor kamu berjemur sejenak untuk menyerap sehatnya matahari pagi tersebut.

10. Hindari stress

Tips pola hidup sehat yang terakhir adalah hindari stress yang berlebih.

Stress merupakan pemicu berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Stress juga dapat menurunkan imun tubuh seseorang dan membuat seseorang jadi mudah terserang penyakit seperti serangan jantung, stroke, maag, dan penyakit lainnya.

Maka dari itu untuk menciptakan pola hidup sehat, kamu harus menghindari stress dengan cara istirahat yang cukup, jauhi semua pikiran negatif, berolahraga, menghibur diri dan banyak mengkonsumsi makanan yang bervitamin.

Dengan menghindari stress, kamu tidak hanya sehat secara mental saja namun tubuhmu akan lebih fit dan sehat.

Itulah 10 tips pola hidup sehat dari KulineranKuy.com yang bisa kamu ketahui! Dengan menerapkan tips-tips di atas, rencana menerapkan hidup sehat bukan lagi menjadi wacana dalam hidupmu! Semangat yaa!

Baca juga: 5 Manfaat Beras Kencur yang Harus Anda Ketahui

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*