4 Fakta Unik Destinasi Wisata Gili Trawangan yang Ada di Nusa Tenggara Barat

4-Fakta-Unik-Destinasi-Wisata-Gili-Trawangan-yang-Ada-di-Nusa-Tenggara-Barat.

kulinerankuy.com – Keindahan, kecantikan dan budaya lokal menjadi pesona pulau di yang ada di  Provinsi Nusa Tenggara Barat ini. Banyaknya destinasi wisata yang menarik menjadi bukti kalau Nusa Tenggara Barat (NTB) layak menjadi tempat berlibur di tengah kesibukan. Salah satu destinasi wisata yang harus Anda kunjungi saat ada di NTB adalah Gili Trawangan.

Gili Trawangan adalah nama salah satu tempat wisata pulau yang ada di pulau Lombok Provinsi NTB. Pulau ini merupakan bagian dari salah satu pulau di desa Gili Indah yang memiliki keindahan bawah laut yang sangat indah.  Gili Trawangan tidak hanya menawarkan keindahan ikan warna-warni dan terumbu karang, tapi juga ada fenomena alam yang tidak kalah indahnya. Benar sekali, Gili Trawangan punya tempat untuk melihat sunset terindah yaitu di Pantai Barat Gili Trawangan. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat matahari kembali ke tempat tidur. 

Fakta Unik dan Menarik dari Gili Trawangan yang Perlu Anda Ketahui

Gili Trawangan sangat populer selama ini. Selain Bali yang merupakan tempat tujuan wisata mancanegara, tentunya Gili Trawangan sangat menarik untuk dikunjungi selama liburan.

Bagi anda yang belum pernah mengunjungi keindahan pulau tersebut. Berikut ini 5 fakta unik dari Gili Trawangan.

1. Nikmati Keindahan Sunrise dan Sunset di Tempat yang Sama

Fakta unik pertama tentang Gili Trawangan adalah pulau ini berupa pulau kecil yang dikelilingi oleh beberapa pantai indah di sekitarnya. Tentunya di beberapa tempat menghadap ke timur dan barat, sehingga tempat tersebut bisa menampilkan keindahan alam saat matahari terbit dan terbenam.

Tentunya sambil berjalan, Anda bisa pergi dari barat ke timur, meski hanya dengan berjalan kaki. Nah, di sebuah pulau di Nusa Tenggara Barat ini kamu bisa langsung menikmati keindahan alamnya.

2. Jalan Kaki untuk Keliling Pulau

Pulau Gili Trawangan hanya berukuran 3×2 Km. Maka dari itu, jangan heran jika fakta menarik dan unik lainnya di Gili Trawangan adalah kamu bisa sekedar berkeliling pulau untuk melihat keindahan alam.

Nah, bagi Anda yang memiliki hobi trekking saat berlibur di Pulau Gili Trawangan mungkin menyempatkan diri untuk berkeliling pulau hanya dengan berjalan kaki. Anda bisa memulainya di pagi hari hingga matahari terbit di ujung timur dan tiba di sore hari di ujung barat untuk menyaksikan matahari terbenam.

3. Ada Banyak Kucing

Apakah kamu pecinta kucing? Jika iya, tempat ini pas untuk Anda kunjungi. Faktanya banyak sekali kucing di pulau ini yang lebarnya hanya 3 x 2 km saja. Anda dapat melihat kucing di jalanan di beberapa tempat. Penduduk Gili Trawangan di Lombok tidak mempermasalahkan keberadaan kucing. Ada juga klinik kucing khusus dengan toko makanan kucing di area ini. 

Meski begitu, keberadaan kucing tersebut tetap dipantau oleh komunitas pecinta binatang. Sekaligus mengawasi perkembangbiakan kucing-kucing tersebut, agar jumlahnya tidak melebihi batas, agar tidak mengganggu wisatawan lokal maupun mancanegara nantinya.

4. Tidak Ada Kendaraan Bermotor

Nah, hal terakhir yang unik di Gili Trawangan adalah tidak adanya kendaraan bermotor di Gili Trawangan Pulau Lombok yang sesuai dengan peraturan daerah dari masyarakat sekitar.

Tapi jangan khawatir, ada moda transportasi Cidomo di Pulau Gili Trawangan. Cidomo adalah kereta kuda yang mirip dengan delman yang ada di Yogyakarta, namun nama Cidomo lebih dikenal di Pulau Lombok. Moda transportasi cidomo ini selalu melintasi jalanan Gili Trawangan. Ada pula sarana transportasi lain yaitu mengayuh sepeda. 

Perlu diketahui bahwa jumlah Cidomo di Pulau Gili Trawangan juga dibatasi menurut peraturan setempat. Inilah fakta menarik di Gili Trawangan yang harus Anda ketahui. Sehingga Anda bisa merasakan suasana alam tanpa polusi, meski ingin jalan-jalan pagi pun alamnya begitu tenang dan menyegarkan.

Seperti itulah 4 fakta menarik yang perlu Anda ketahui mengenai Gili Trawangan. Untuk menemukan informasi lain mengenai kumpulan berita NTB hari ini terbaru atau fakta menarik menarik lainnya atau berita terbaru, Anda bisa membacanya di halaman website jogja.idntimes.com.

Baca Juga : 4 Tempat Wisata di Lombok yang Keren dan Hits

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*