Ini Dia Resep Membuat Takjil Yang Manis, Dingin, Dan Segar

resep membuat sop buah
resep membuat sop buah

Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa berbuka puasa merupakan momen yang sangat ditunggu tunggu selama bulan Ramadhan. Karena kita akan dapat makan dan minum lagi setelah seharian berpuasa menahan lapar dan haus sehingga saat berbuka puasa inilah puncaknya kenikmatan melakukan ibadah puasa.

Sehingga tidak heran untuk menyambut datangnya buka puasa itu akan disajikannya menu buka puasa yang istimewa termasuk menu takjil. Rasa dahaga yang berlebihan karena seharian menjalankan ibadah puasa akan dapat hilang ketika berbuka dengan yang manis.

Jika merasa bosan dengan menu takjil kolak maka kami akan memberikan resep membuat takjil yang manis, dingin, dan segar seperti es campur dan sop buah.

  1. Es Campur

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah : 200 gr melon cantaloupe atau kuning, 2 buah kiwi hijau, 8 buah strawberry, 200 gr nutrijell rasa leci, 1 kaleng susu kental manis, aplukat secukupnya, es batu secukupnya, 1 buah kelapa muda diambil airnya dan dagingnya dikeruk, dan 1 liter air.

Cara pembuatannya adalah : Pertama tama dengan membuat terlebih dahulu sirup simplenya dengan perbandingan 2 : 1 atau gula pasir sebanyak 200 gr dan air sebanyak 100 ml. Kemudian rebus air dan gula hingga air benar benar mendidih dan gulanya benar benar mencair lalu angkat dan dinginkan. Kemudian buah dan jelli yang sudah dimasak dipotong potong lalu letakkan potongan buah dan jelli itu didalam satu wadah bersama air kelapa dan daging buah kelapanya. Kemudian siramkan susu kental manis sesuai selera lalu beri simple syrup dan juga air. Dan langkah terakhirnya adalah beri es batu secukupnya dan dinginkan.

  1. Sop Buah

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah : buah kiwi secukupnya, buah naga merah atau putih secukupnya, anggur secukupnya, melon secukupnya, strawberry secukupnya, es batu secukupnya, yoghurt secukupnya, atau juga bisa ditambahan buah atau bahan yang lainnya sesuai selera.

Cara pembuatannya adalah : buah dipotong dengan ukuran yang sedang atau pass. Lalu masukkan potongan buah itu kedalam sebuah mangkuk atau gelas saji dan tuangkan es batu dan yogurt sesuai dengan selera. Dan sop buah yogurt pun siap untuk dihidangkan sebagai menu takjil buka puasa.

Itulah resep membuat takjil yang manis, dingin, dan segar. Kedua menu takjil diatas pastinya akan dapat menghilangkan rasa dahaga yang berlebihan setelah seharian berpuasa.

1 Trackback / Pingback

  1. Kue Lumpur Si Manis yang Temani Kudapan Lezat Anda - Kulineran Kuy!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*