Ternyata Ini Lho, Rahasia Dibalik Sedapnya Makanan Korea

makanan korea
makanan korea

K-pop wave yang melanda Indonesia selama beberapa tahun terakhir memang membuat segala sesuatu yang berbau Korea jadi populer, termasuk makanannya. Anda tentu sering tersiksa saat menonton drama Korea dan melihat berbagai jenis makanan lezat yang ada di sana. Apalagi, orang Korea punya selera yang tak jauh beda dari orang Indonesia yakni menggemari makanan pedas. Semua makanan yang mereka santap jadi terlihat lebih nikmat karena warna merah yang menggoda.

Dibanding masakan Indonesia, masakan Korea bisa dibilang lebih sederhana karena bumbunya sebagian besar ada dalam bentuk pasta. Setiap jenis pasta biasanya sudah merupakan campuran dari beberapa jenis bumbu, jadi tinggal cemplung-cemplung dalam makanan dan jadilah rasa yang nikmat. Anda penasaran bumbu Korea apa saja yang selama ini jadi rahasia kelezatan makanan Korea? Yuk, intip informasinya di bawah ini:

Sebenarnya tidak hanya makanan Korea, masih banyak makanan Asia lainnya yang bisa kamu ketahui rahasianya karena masing-masing makanan setiap negara memiliki rahasianya masing-masing. Nah untuk kali ini, mari bahas rahasia enaknya makanan Korea terlebih dahulu ya!

Rahasia Enaknya Makanan Korea

Gochujang

Gochujang makanan khas Korea
Gochujang makanan khas Korea

Kalau Anda sering melihat makanan Korea yang memiliki saus atau kuah berwarna merah, itu adalah karena bumbu satu ini. Gochujang pada dasarnya merupakan pasta cabai, jadi setiap makanan yang dibumbui dengan gichujang pastilang memiliki rasa pedas. Selain cabai, gochujang juga terbuat dari fermentasi kacang kedelai, air, dan juga tepung beras ketan yang membuat tekstur gochujang jadi kental dan sedikit lengket.

Dengan campuran tersebut, di samping rasa pedas, gochujang juga memiliki rasa gurih dan manis sehingga sering dijadikan cocolan. Gochujang juga menjadi bumbu dasar di berbagai jenis makanan tradisional Korea seperti budae jjigae dan tteokbboki.

Doenjang

Doenjang Makanan khas Korea
Doenjang Makanan khas Korea

Dalam kuliner China, Anda mungkin mengenal tauco. Nah, doenjang ini hampir mirip dengan taucho karena terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Bedanya, doenjang juga dibentuk menjadi pasta dengan beberapa campuran rempah lain yang menjadikan rasanya gurih. Doenjang bisa dibilang merupakan salah satu bumbu terpenting dalam masakan Korea.

Sup, tumisan, dan makanan apapun selalu memiliki campuran doenjang di dalamnya. Salah satu makanan tradisional Korea berbahan dasar doenjang yang sangat terkenal adalah doenjang jjigae. Seperti namanya, doenjang jjigae merupakan sup berbahan dasar doenjang dengan isian sayur serta daging.

Chunjang

Chunjang Makanan khas Korea
Chunjang Makanan khas Korea

Makanan apa yang paling sering muncul saat pemeran utama di sebuah drama Korea kelaparan? Pasti jjajangmyeon! Jjajangmyeon merupakan mie yang memiliki saus hitam di atasnya dan merupakan salah satu menu pesan antar paling populer di Korea. Mie ini biasa disajikan dalam mangkuk besar yang atasnya ditutupi plastik. Sebelum menyantapnya, mangkuk dikocok hingga beberapa kali sampai saus benar-benar tercampur.

Mie ini lebih nikmat disantap panas dengan pendamping acar lobak yang asam. Dalam pembuatan mie ini, bumbu yang berperan penting adalah chunjang. Seperti halnya dua bumbu sebelumnya, chunjang juga berbentuk pasta yang terbuat dari kedelai hitam dengan campuran tepung serta gula. Rasanya manis asin dan dijamin membuat Anda ketagihan saat menyantapnya.

Samjang

Samjang Makanan khas Korea
Samjang Makanan khas Korea

Anda pasti sudah sering melihat orang Korea menyantap daging panggang yang dimasukkan ke dalam daun selada kemudian diberi tambahan saus merah serta bawang putih.

Makanan semacam itu disebut ssam alias daging bungkus sayuran. Untuk penyedap rasa, digunakan saus merah yang bernama samjang, terbuat dari campuran gochujang, doenjang, minyak wijen, serta sedikit gula. Rasanya sudah pasti nikmat dan membuat Anda tidak ingin berhenti menyantapnya.

Saat ini bumbu-bumbu tersebut sudah banyak dijual di Indonesia. Segera beli dan coba masak sendiri di rumah, ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*