Perbedaan dan Cara Makan Italian Pizza dan American Pizza, Mau Tahu?

perbedaan dan cara makan pizza
perbedaan dan cara makan pizza

Memang sampai sekarang masih belum diketahui darimana makanan yang dinamakan pizza atau piza dalam Bahasa Indonesia itu berasal. Ada banyak klaim dari berbagai tempat yang mengatakan bahwa pizza sendiri merupakan makanan yang asli dan berasal dari daerah mereka.

Hanya saja, dari semua klaim yang bermunculan, tetap saja dunia mencatat dan menganggap bahwa pizza merupakan makanan tradisional yang berasal dari Italia. Hal tersebut diperkuat dengan ditemukannya tulisan yang mengikutsertakan kata pizza di Gaeta, Lazio, italia pada saat era Byzantine masih berjaya di tahun 997 Masehi.

Terlepas dari sejarah dan semua klaim tentang pizza, sekarang ini di seluruh dunia ada 2 jenis pizza saja, yaitu yang dikenal dengan Italian Pizza dan American Pizza. Lantas apa perbedaan antara 2 jenis pizza tersebut? Simak penjelasannya berikut.

Perbedaan dan Cara Makan Italian Pizza dan American Pizza

Italian Pizza

Italian Pizza
Italian Pizza

Italian pizza atau pizza Italia adalah sebuah makanan tradisional yang mengambil dasar pembuatan pizza napoletana pizza atau neapolitan pizza di mana selalu menggunakan tomat San Marzano yang tumbuh di dataran tinggi Vesuvius dan keju mozarella dari di bufala Campana. Keju mozarella ini terbuat dari susu yang berasal dari kerbau air yang dikembangbiakkan di Campania dan Lazio.

Jenis pizza Italia lainnya seperti pizza alla marinara juga masih menggunakan autentitas napoletana pizza, namun menambahkan saus marinara pada bagian atasnya dengan taburan tomat, ham, jamur, artichoke sampai dengan bawang.

Untuk saus yang digunakan pada pizza Italia pada umumnya menggunakan olive oil, sup tomat kental, garlic dan oregano. Saus seperti itu digunakan untuk membuat pizza lebih terasa campuran di dalamnya.

American Pizza

american pizza
american pizza

Masyarakat Amerika Serikat mulai mengenal pizza sekitar akhir abad ke-19 karena banyaknya restoran-restoran italia di New York City, Chicago, Philadelphia dan Saint Louis. Rata-rata pizza dari Amerika Serikat memiliki bentuk yang gemuk dan berisikan banyak unsur roti pada bagian sampingnya dengan toping berupa daging, jamur, bawang, pepperoni, garlic, olive, paprika, tomat, bayam, sampai dengan irisan nanas.

Rarta-rata saus yang digunakan untuk membuat American pizza adalah terbuat dari saus tomat yang diaduk perlahan dan tidak sampai membuatnya hancur dan kemudian menambahkan resep khusus. Sedangkan untuk dagingnya, American pizza lebih banyak menggunakan daging yang sudah dibumbui dan diiris tipis (bacon), ham dan sayatan daging ayam.

Cara Memakannya

cara makan pizza
cara makan pizza

Untuk Italian pizza, menurut Stefano Cirene seorang pemilik dari restauran Verace Pizzera di Sydney, Australia yang pernah memenangkan penghargaan Australia’s Best Pizza dan Pizza World Championships di Italia pada tahun 2017 lalu menyebutkan bahwa cara memakan pizza Italia adalah dengan melipatnya seperti melipat sapu tangan. Dikarenakan pizza Italia memang tipis atau tidak setebal pizza Amerika Serikat, maka cukup mudah untuk dapat melipatnya.

Menurut Stefano kenapa harus memakan pizza dengan cara melipat, dia mengatakan bahwa pada dasarnya pizza itu adalah makanan jalanan yang dapat dibeli dan dimakan sembari jalan, seperti halnya sandwich atau juga kebab Turki.

Sedangkan untuk American pizza, cara memakannya harus menggunakan piring, garpu dan pisau makan untuk digunakan mengiris setiap bagiannya. Memang tidak ada masalah jika harus dimakan langsung dengan menggunakan tangan, akan tetapi dikarenakan pizza Amerika Serikat lebih besar dan padat, maka menggunakan garpu dan pisau makan adalah cara yang lebih tepat, sekaligus beretika.

1 Trackback / Pingback

  1. Referensi Makanan Berbuka Puasa Hemat Tetapi Menggugah Selera

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*