Selain Indonesia, Di 4 Negara Ini Bisa Menikmati Kuliner Jeroan Loh!

wanita penjual kuliner jeroan
wanita penjual kuliner jeroan

Kalau Anda hobi menonton film Barat atau juga menyaksikan acara kompetisi memasak internasional, Anda mungkin menyadari bahwa di sebagian besar negara Amerika dan Eropa, jeroan bukanlah makanan yang layak dikonsumsi. Ya, bagian dalam ayam, sapi, atau kambing seperti hati, limpa, paru, usus, dan babat biasanya malah dibuang atau dijadikan campuran pakan ternak. Sedangkan di Indonesia, Anda tahu sendiri jika jeroan ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan super lezat.

Gak cuma tentang kuliner jeroan, kamu juga bisa menikmati roti tradisional di negara lain, lho. Setiap negara memiliki jenis roti tradisionalnya sendiri. Nah kali ini, bahas kuliner jeroan dulu ya!

Kuliner Jeroan di Luar Indonesia

Tapi ternyata, selain di Indonesia, masih ada beberapa negara lain yang juga memiliki budaya menyantap jeroan. Penasaran negara mana saja? Simak informasinya berikut ini:

1. Argentina

parrilladas di Argentina
parrilladas di Argentina

Di Argentina, Anda akan bisa menemukan sebuah hidangan serba jeroan yang dinamakan dengan parrilladas. Di dalamnya terdapat usus, didih yang diolah menjadi sosis, hati, ampela, dan juga lidah yang dimasak dengan cara dipanggang.

Biasanya, olahan jeroan ini disajikan sebagai makanan pembukan dengan didampingi saus khas Argentina, chimichurri yang terbuat dari parsley, bawang putih, olive oil, oregano, paprika bubuk, serta sedikit wine. Parrilladas juga sering disajikan bersama dengan acar bawang dan cabai.

2. Tiongkok

penjual kuliner jeroan
penjual kuliner jeroan

Banyak sekali hidangan tradisional Tiongkok yang menggunakan jeroan sebagai bahan utamanya. Ada dadih yang dioalh menjadi dim sum, dan juga babat sapi yang dijadikan hidangan tumis dengan irisan jahe. Anda juga dapat menemukan lidah sapi yang dimasak di dalam minyak cabai, serta hati yang diolah dengan bawang dan bayam menggunakan saus wine.

Sedangkan ampela biasanya digoreng kering dan disajikan dengan telinga babi yang digoreng hingga crispy. Bahkan Anda juga bisa menemukan hidangan Tiongkok yang berbahan dasar testis sapi atau babi. Umumnya, jeroan yang digunakan di Tiongkok berasal dari kedua hewan tersebut.

3. Perancis

foie grass di Perancis
foie grass di Perancis

Kita mengenal Perancis sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner luar biasa. Hidangan Perancis juga terkenal mahal karena terbuat dari bahan berkualitas yang diolah dengan teknik masak tingkat tinggi dan disajikan dengan tatanan yang memanjakan mata. Tapi siapa sangka di tenag citra elegan masakan Perancis, ternyata banyak sekali olahan jeroan.

Yang paling terkenal tentu saja adalah foie grass alias hati angsa yang biasanya dimasak dengan saus wine. Ada juga otak dan ampela yang diolah dengan saus krim. Bahkan di Perancis para juru masak sering menggunakan sweetbread alias pancreas sapi untuk masakan, di mana bagian tersebut jarang sekali dipakai di negara lain termasuk Indonesia.

4. Italia

pajata di Italia
pajata di Italia

Anda mungkin banyak mengenal hidangan khas Italia seperti pizza dan aneka pasta. Umumnya, hidangan Italia berbahan dasar tepung dengan berbagai jenis daging, seafood, dan sering sekali memakai tomat serta olive oil. Nah, di Italia ternyata ada juga olahan jeroan yang bernama pajata, yang merupakan saus krim dengan isian jeroan sapi muda. Saus ini biasanya disajikan di atas berbagai jenis pasta.

Tak disangka ya, ternyata jeroan banyak dikonsumsi di berbagai negara dan diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera. Penasaran ingin mencobanya?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*