6 Makanan Khas Semarang Yang Enak, Mantap dan Murah

Tahu-Gimbal

Kulinerankuy.com – Di kota Semarang, kamu akan menemukan berbagai macam kuliner yang enak enak seperti bandeng presto, nasi ayam Semarang, garam asem, dan lumpia.

Kota Semarang juga dikenal sebagai kota Lumpia, karena lumpia merupakan makanan khas Semarang yang terbuat dari alkuturasi 2 budaya yaitu budaya jawa dan china.

Jika kamu sedang mengunjungi kota Semarang, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas dari kota tersebut. Rasanya dijamin enak dan mantap, semua kalangan bisa mencicipi makanan khas kota Semarang tersebut karena harganya yang sangat murah.

Berikut dibawah ini 6 makanan enak, mantap, murah khas Semarang diantaranya yaitu :

1. Bandeng Presto

Bandeng-Presto

Makanan bandeng presto ini terbuat dari ikan bandeng segar yang dibumbui bawang putih, kunyit, dan garam. Lalu ikan bandeng tersebut dimasak pada alas daun pisang dengan cara dipersto.

Presto merupakan cara memasak dengan uap air bertekanan tinggi. Nantinya uap air yang berada di panci akan memasak makanan yang berada didalam panci.

Karena ikan bandeng dikenal memiliki banyak duri, bandeng presto juga makanan yang paling digemari dengan cara masak presto duri duri ikan menjadi lunak sehingga bisa dimakan bersama durinya.

2. Nasi Ayam Semarang

makanan-khas-semarang-nasi-ayam

Makanan khas Semarang selanjutnya adalaah nasi ayam yang penampilannya mirip dengan nasi liwet khas Solo. Nasi ayam berupa sajian nasih putih yang rasanya gurih dan renyah karena dimasak dengan santan.

Lalu disantap dengan suwiran daging ayam yang telah matang, sambal goreng labu siam dan krecek, tahu putih, dan telur pindang laludi, kemudian diberi kuah santan.

3. Garang Asem Semarang

Garang-Asem

Garang Asem merupakan olahan tradisional kota Semarang yang enak berisi ayam dengan kuah santan berbumbu belimbing wuluh dan cabai.

Ayam dan kuah santannya dimasak dengan dimasukkan kedalam daun pisang lalu atasannya ditutup dengan lidi. Kemudian garang asem diberi nasi hangat, tempe goreng, jeroan ayam yang ditusuk seperti sate.

Baca juga: Makanan Khas Lombok Untuk Anda Yang Hobi Kuliner Pedas

4. Tahu Gimbal

Tahu-Gimbal

Tahu Gimbal merupakan makanan kuliner khas kota Semarang juga yang terdiri dari tahu goreng, tempe, gimbal, irisan kol, lalu disiram dengan sambal kacang.

Gimbal ini sendiri merupakan ikan udang yang digoreng dengan tepung. Makanan ini rasanya manis, pedas, dan juga gurih. Yang pasti rasanya itu sangat enak.

5. Soto Bangkong

Soto-Bangkong

Soto Bangkong merupakan olahan soto yang tersaji di Rumah Makan jalan Brigjen Katamso Semarang. Sejak tahun 1950, soto banking sudah ada yaitu Perempatan Bangkok.

Yang menjadi pembeda makanan asli Semarang ini adalah pada kuahnya yang bening meski memang warnanya agak coklat.

Untuk satu porsi soto Bangkong ini terdiri dari suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun, serta taburan bawang merah dan bawang putih.

6. Mie Kopyok, Kuliner Khas Semarang

Mie-Kopyok

Mie Kopyok merupakan makanan khas dari Semarang yang berbahan dasar mie yang diberi tambahan tetelan daging, tambahan lauk berupa tahu, dan diatasnya diberi kerupuk gendar.

Makanan satu ini sulit ditemukan di tempat lainnya. Kebanyakannya mie Kopyok dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung.

Makanan ini meski murah tetapi rasanya enak sekali, dan pastinya perut akan kenyang dan lidah akan terpuaskan.

Selain itu masih ada makanan enak, mantap, murah lainnya yang merupakan khas Semarang yaitu Babat Gongso yang terkenal dengan rasanya yang enak dan khas.

Baca juga: 3 Makanan Khas Malang Yang Enak dan Lezat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*