Makanan Khas Palembang: Empek-empek, Sejarah Hingga Resepnya

empek-empek-palembang

Kulinerankuy.com – Jika membahas kota Palembang tentunya banyak sekali hal unik yang ada di kota ini mulai dari tempat wisata hingga kulinernya. Kota Palembang memang dikenal sebagai kota yang maju. Bagaimana tidak, kota ini sudah berkembang pesat ketimbang kota lainnya. Kota Palembang juga merupakan tempat yang dulunya adalah kerajaan yaitu kerajaan Sriwijaya yang sangat berjaya pada masanya, tak heran Palembang memiliki beberapa candi dan peninggalan bersejarah dari kerajaan. Namun bukan itu yang akan kita bahas tetapi kita akan membahas salah satu makanan kuliner dari Palembang yang disukai banyak orang yaitu empek-empek.

Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang hampir dikenal di seluruh Indonesia. Makanan ini memiliki bahan utama yaitu tepung dan daging ikan yang digiling sampai lembut. Ada beberapa komposisi yang menggunakan rempah sehingga membuat makanan ini memiliki rasa yang khas. Mungkin kalian baru mengetahui kalau empek-empek adalah makanan yang berasal dari Palembang? Wajar saja hal ini dikarenakan empek-empek memang ada di berbagai penjuru Indonesia yang disajikan untuk dinikmati bersama. Namun ada beberapa perbedaan empek-empek Palembang dengan empek-empek yang ada di daerah lainnya, yaitu soal rasa.

Empek-empek tentu memiliki sejarahnya tersendiri. Sebetulnya empek-empek sudah ada sejak banyaknya perantau Tionghoa yang masuk ke ke kota Palembang. Tepatnya pada saat kerajaan Kesultanan Palembang Darussalam yang dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin II. Pada saat itulah empek-empek dibuat untuk memanjakan lidah kerajaan dan hanya anggota kerajaan saja yang boleh mencicipi empek-empek. Nama empek-empek sendiri berasal dari kata apek atau pek-pek yang diartikan sebagai paman atau lelaki yang dituakan pada istilah Tionghoa.

Ada beberapa toko atau tempat makan di daerah selain Palembang yang menjual empek-empek dengan rasa khasnya yang tidak hilang. Namun ada juga yang menjual empek-empek namun tidak memiliki rasa yang khas sedikit pun. Membuat empek-empek tentunya sangat memerlukan resep agar memiliki rasa yang enak. Tetapi, di jaman yang serba ada ini orang-orang memang lebih memilih untuk membeli ketimbang membuatnya sendiri. Nah belum banyak orang yang tahu soal resep empek-empek yang enak, bagaimana resepnya?

Resep empek-empek pada awalnya memang menggunakan daging ikan yaitu ikan belida. Tetapi untuk saat ini kita tidak bisa menggunakannya karena harga ikan belida sangatlah tinggi dan semakin langka. Untuk membuat empek-empek kalian bisa menggunakan daging ikan putak, toman, bujuk, tenggiri, kakap merah dan ekor kuning. Nah untuk tepung sendiri kalian bisa memilih tepung yang menurut kalian bagus. Sedangkan untuk cuko atau kuah empek-empek kalian dapat menggunakan bahan yaitu: Gula merah, ebi, cabai rawit tumbuk, bawang putih dan garam.

Seiring dengan banyaknya penduduk asing yang datang ke kota Palembang malah membuat rasa empek-empek berubah mulai dari rasa empek-empek sampai cukonya. Hal ini dikarenakan penduduk asing tidak menguasai sepenuhnya resep empek-empek yang sudah digunakan turun-temurun. Namun memang tidak semua rasa empek-empek berubah, ada beberapa orang di luar kota Palembang yang masih tetap mempertahankan cita rasa yang sudah ada sejak dulu. Nah itulah beberapa informasi seputar sejarah empek-empek dan resepnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan ingat jangan lupa membaca sampai habis agar mengerti secara keseluruhan terimakasih.

Baca juga: Tips Memasak, Resep Rendang Padang yang Enak

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*