Makanan Khas Lombok Untuk Anda Yang Hobi Kuliner Pedas

Makanan-khas-lombok

Kulinerankuy.com – Bicara tentang makanan khas Lombok, tentu saja sangat identic dengan makanan pedasnya. Anda yang menyukai kuliner bercita rasa pedas bisa memilih untuk datang ke restoran khas Lombok atau liburan ke Lombok di hari libur nanti.

Namun, sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu apa saja makanan khas Lombok yang layak untuk Anda coba:

1. Sate Rembiga

Sate-Rembiga

Banyak makanan Lombok yang dibuat dengan bahan dasar sapi. Salah satunya adalah Sate Rembiga ini. Uniknya, Sate Rembiga ini memiliki tekstur yang lembut dan nikmat.

Kabarnya, karena di Lombok sapi bebas berkeliaran dengan aman, maka sapi Lombok tidak mudah stress dan berpengaruh terhadap kualitas dagingnya.

Rasa sate rembiga juga cukup unik. Anda bisa merasakan manis, gurih, dan pedas. Dan nama Sate Rembiga ini sebenarnya berasal dari salah satu desa di Lombok, yaitu Desa Rembiga.

2. Sate Tanjung

Sate-Tanjung

Selain Sate Rembiga, Anda juga bisa mencoba Sate Tanjung saat ke Lombok. Berbeda dengan Sate Rembiga, Sate Tanjung dibuat dari Ikan Cakalang. Menikmati Sate Tanjung paling enak pada saat baru saja selesai dimasak. Sate Tanjung yang masih panas ditambah lontong dan nasi membuat rasa sate ini jadi begitu nikmat.

Sate Tanjung juga dibuat dengan menggunakan santan dan beberapa rempah khas Lombok. Tidak heran jika sate ini memiliki rasa yang begitu khas dan nikmat.

Sayangnya, menemukan Sate Tanjung di luar Lombok cukup sulit. Karena itu, jika ingin mencicipinya, Anda harus berkunjung langsung ke Lombok.

Baca juga: Beberapa Resep Asinan Khas Bogor Yang Lezat

3. Babalung

Babalung

Nama Babalung mungkin akan membuat Anda teringat dengan tulang. Dan sesuai dengan namanya, Babalung memang dibuat dari tulang iga sapi atau kerbau.

Tentu saja dalam pembuatannya, Babalung ditambahkan berbagai rempah. Mulai dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas,kunyit, dan jahe.

Biasanya, Babalung disajikan bersama dengan taburan bawang goreng yang membuat rasanya semakin nikmat. Untuk mencicipi Babalung, Anda bisa datang ke Depot Kelebet yang berada di belakang kantor Gubernur NTB. Babalung di tempat tersebut adalah Babalung yang paling dicari oleh banyak wisatawan.

4. Beberuk Terong

Beberuk-Terong

Selain daging, ada juga makanan khas Lombok yang dibuat dari berbagai macam sayuran. Salah satunya adalah Beberuk Terong.

Makanan ini sekilas memang mirip dengan gado – gado. Karena itu, banyak orang yang menyebutnya sebagai gado – gado Lombok. Menikmati Beberuk Terong paling enak jika bersama Ayam Taliwang.

Sesuai dengan namanya, bahan utama Beberuk Terong adalah terong ungu. Terong yang sudah dipotong – potong kemudian dicampur dengan tomat dan berbagai macam rempah, lalu ditambahkan air jeruk limau.

Rasa Beberuk Terong sangat nikmat dan gurih dengan perpaduan rasa pedas, manis, asam, dan sangat segar. Anda bahkan bisa menyantap makanan ini di siang hari.

5.  Ayam Taliwang

Makanan-khas-lombok

Bicara tentang makanan khas Lombok rasanya ada yang kurang jika tidak menyebutkan Ayam Taliwang. Makanan satu ini adalah makanan ikonik khas Lombok yang tidak boleh Anda lewatkan.

Khususnya jika Anda datang ke restoran khas Lombok. Namun tentu saja, kenikmatan Ayam Taliwang di Lombok langsung tetap tidak terkalahkan.

Nah, itulah beberapa makanan khas Lombok yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Beberapa makanan tersebut sudah cukup familiar dan bisa Anda temukan di kota besar. Namun, beberapa lainnya tetap harus Anda coba langsung saat Anda berkunjung ke Lombok.

Baca juga: 2 Resep Masakan Nusantara Yang Enak dan Lezat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*