Makanan Khas Jogja Beragam Dan Dirindukan

Gatot

Kulinerankuy.com – Tempat wisata di Indonesia tersedia diberbagai kota, wilayah, provinsi bahkan pulaunya. Tempat-tempat wisata di Indonesia memiliki beragam cerita dengan kekhassannya tersendiri. Banyak sekali tempat wisata yang menawarkan budaya, kesenian, makanan hingga pakaian adat yang takkan pernah ada habisnya untuk dibanggakan dan dinikmati. Salah satu kota di indonesia yang paling menyenangkan untuk dinikmati ialah Yogyakarta.

Biasanya Yogya atau sering diejah Jogja juga menjadi kota destinasi liburan atau wisata yang sampai sekarang masih saja terkenal. Ini karena kota satu ini masih saja meninggalkan banyak sejarah dari berbagai cerita jaman dahulu. Sehingga ada banyak sekali kalangan yang pergi menikmati keindahan dan keberagaman budaya Jogja.

Bahkan beberapa sekolah SMP dan SMA, masih menjadikan Jogja sebagai tempat studytour terbaik, yang menawarkan beragam cerita sejarah menarik, dengan beragam prasasti atau kebudayaan khas Yogya.

Makanan Khas Yogya Yang Selalu Dirindukan

Indonesia memang berisi banyak budaya dan adat istiadat, sehingga setiap daerahnya memiliki ciri khas yang mengental dan membekas bagi masyarakat, apalagi pengunjung tempat wisata.

Salah satunya adalah Kota Jogja yang memiliki cerita dan makanan khas yang bisa dinikmati dan akan dirindukkan. Anda yang sedang mengunjungi Jogja, jangan sampai lupa untuk menikmati makanan-makanan khas kota indah satu ini.

Jogja adalah kota yang selalu berisi dengan cerita indah, juga makanan-makanan yang lezat dan enak untuk dinikmati. Sehingga setiap pengunjung atau wisatawan yang menikmati makanannya bisa merasakan kesan khas dari setiap makanan dari Jogja.

Makanan khasnya beragam, juga memberikan rasa yang berbeda dan tidak akan sama dengan kota lainnya, sehingga Anda bisa merasakan kesan nikmatnya makanan Jogja, yang akan selalu dirindukkan setiap kali Anda pulang dari wisata ke Jogja.

Makanan Khas Joga Yang Tak Bisa Dilupakan

Ada banyak sekali jenis makanan khas Jogja, ketika Anda berkunjung kesana, Anda seharusnya sudah memiliki list makanan apa yang akan dinikmati. Berbagai makanan biasanya menyuguhkan bumbu dan bahan makanan yang khas dan berbeda-beda. Bahkan beberapa makanannya menampilkan cerita yang memberikan ciri pada kota Jogja.

Anda bisa menulis beberapa list menu makanan khas Jogja yang bisa dinikmati, atau mungkin Anda coba buat dirumah, agar Anda tidak penasaran. Pasalnya makanan khas Jogja selalu menjadi makanan yang tak bisa dilupakan oleh para masyarakat dan pengunjungnya.

1. Bakpia Pathuk

Bakpia-Pathok

Sebelum lari kemakanan utama, Anda yang harus buru-buru pulang kekota asal setelah berkunjung ke Jogja, Anda bisa memilih oleh-oleh khas makanan Jogja. Salah satunya ialah Bakpia pathuk. Makanan satu ini adalah jenis kue yang memiliki isian dari kacang hijau yang dibungkus dengan kulit terigu yang krispy. Kuenya tebal dan padat, sehingga akan mengenyangkan Anda.

Rasa bagian isian bakpia jaman sekarang sudah berbeda-beda, ada yang isian coklat, keju, greentea, durian, dan lainnya. Bakpia pathuk bisa bertahan sangat lama, ini mengapa makanannya sering dipilih menjadi oleh-oleh.

2. Oseng-oseng mercon

Oseng-oseng-mercon

Ketika ke Jogja, Anda yang suka sekali dengan makanan pedas, ini dia makanan dengan bumbu cabai yang pedas. Anda bisa memilih salah stau jenis oseng mercon, yang terkenal ialah osen mercon bu narti. Berada di jalan Jalan Miliran II, Umbulharjo, ini adalah orang pertama yang mengenalkan oseng mercon. Isiaan osen mercon bu narti ialah, gajih, kulit, tulang, dan cabai rawit yang akan emmuaskan lidah Anda.

3. Nasi Tiwul

Nasi-Tiwul

Ketika perjalanan menuju gunung kidul dan Anda ingin sekali makan. Anda bisa memilih nasi tiwul, ini adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung singkong atau sering disebut tepung gaplek yang dikeringkan. Setelah tepungnya kering, tepung dikukus dan menggumpal.

Makanan ini disajikan dengan sayuran dan juga lauk pauk, makanan ini dipilih menjadi makanan sehat yang tidak mengandung kalori yang banyak juga mencegah penyakit lambung.

4. Walang Goreng

Walang-Goreng

Anda yang datang ke Jogja, belum lengkap jika belum menantang diri dengan makan walang goreng. Makann satu ini dikatakan sebagai makanan yang menantang, karena terbuat dari bahan belalang goreng.

Makanannya tersedia di gunung kidul, biasanya pedagang menjualnya di kos-kos kecil pinggir jalan. Sehingga para wisatawan lebih mudah untuk mendapatkannya.

5. Sate Klantak

sate-klatak

Sate memang menjadi makanan ciri khas dari Indonesia, namun beberaka kotanya memiliki kekkhassannya sendiri baik itu bumbu atau daging yang digunakan. Seperti sate klantak yang terbuat dari bahan daging kambing muda, Anda bisa mencobanya jika sedang berkunjung ke Banthul.

Dagingnya disajikan dengan tusuk yang terbuat dari jeruji sepeda. Selain itu bumbu yang disajikkannya ialah kuah gulai. Nah nama klantak pada sate berasal dari suara sate ketika dibakar yang menimbulkan bunyi “klanthak-klanthak…”

Baca juga: 4 Makanan Khas Bandung yang Mudah Anda Temui

6. Tengkleng Gajah

Tengkleng-Gajah

Salah satu olahan daging khas Jogja ialah tengkleng gajah, tenang bahannya tidak terbuat dari daging gajah kok. Tengkleng ini merupakan olahan daging kambing dengan ukuran potongan tukang yang jumbo. Anda bisa mencoba tenkleng lezat di Jalan Kaliurang km 9,3.

Tengkleng merupkan olahan daging kambing yang dikenal karena rempah-rempahnya yang khas pada kuah sajiannya, sehingga membuat siapapun ketagihan ketika mencicipinya.

7. Kipo

Kipo

Jika Anda ingin jajanan khas Jogja, maka pilihan makanan seperti Kipo pasti harus Anda cicipi. Kipo merupakan jajanan khas Jogja yang sudah ada sejak kerajaan Mataram. Kue satu ini berbentuk lonjong dengan isian parutan kelapa dan gula jawa, teksturnya kental, selain itu bahan dasarnya terbuat dari tepung beras dan ketan yang pada adonannya menggunakan daun suji, sehingga menghasilkan kue berwarna hijau. Lalu diberikan sajian dengan daun pandan, agar wangi kuenya semkain menggoda.

8. Yangko

Yangko

Salah satu makanan jajanan khas Jogja ialah Yangko. Jenis makanan khas Jogja ini terbuat dari bahan tepung beras, yang rasanya manis. Sementara tekstur yang dimilikinya kenyal, dan juga lembut. Bentuknya sendiri biasanya kotak-kotak, Yangko memiliki isian kacang merah.

Yangko dipilih menjadi jajanan yang bersejarah, karena makanannya selalu dipilih oleh raja-raja priyayi jaman terdahulu, dan bahkan dipilih sebagai bekal makanan bagi pangeran Dipenegoro, ketika bergerilya, makanannya tahan lama dan tak mudah basi.

9. Gatot

Gatot

Cari cemilan yang khas dari Jogja, maka makanan khas dari gunung kidul ini dipilih menjadi cemilan yang enak. Ada gatot yang berbahan dasar singkong yang dikeringkan, lalu disajikan dengan parutan kelapa yang gurih. Cemilan satu ini banyak sekali dipilih masyarakat ataupun wisatawan.

10. Jadah tempe

Jadah-tempe

Jika Anda ingin makan, maka pilihan makanan khas Jogja yang bisa nada cicipi lainnya ialah Jadah tempe. Penyajiannya berupa tempe, dan olahan ketan. Penyajiannya ditambah dengan parutan kelapa, dan selain itu tempenya diolah dengan cara dibacem.

11. Sop Ayam Pak Min

Sop-Ayam-Pak-Min

Jika Anda ingin makanan khas yang anget dan nikmat, maka pilihan sop ayam dari Pak Min sangat tepat dipilih ketika ke Jogja. Sop ayam satu ini sudah banyak dikenalkan dan dibuat cabangnya, karena rasanya yang segar, juga penyajian sop ayamnya yang matang sempurna, sehingga sering kali dipilih dan tidak boleh dilewatkan ketika Anda pergi Jogja.

12. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut-Lele-Mbah-Marto

Ketika Anda pergi Ke Jogja, Lele tidak akan hanya disajikan dengan goreng atau pecel. Anda bisa pergi kedaerah Jalan Parangktritis Km. 6,5 atau di belakang Institut Seni Indonesia (ISI). Anda bisa menikmati olahan lele yang berbeda disini, Lele diasap dengan kayu bakar, lalu menggunakan santan dan cabai, sehingga warna penyajian lelenya merah dan sangat menggoda, ditambah pula taburan pete agar semakin nikmat.

13. Bakmi Jogja

Bakmi-Jogja

Anda pasti tahu bahwa Bakmi selalu menjadi makanan khas kuliner mie dari jawa. Maka dari itu, ketika ke Jogja pastikan Anda mencicipi bakmi dari Jogja. Anda bis amenemukan hidangan bakmi Jogja di warung tenda yang enak dan selalu nikmat. Bakmi ini dihasilka dari mie kuning dan bihun, yang biasanya bisa direbus atau digoreng. Bakmi dipasak menggunakan anglo atau tungku tanah liat, sehingga menjadi sangat khas dan banyak diminati oleh para wisatawan.

14. Sego abang

sego-abang

Anda pecinta makanan sehat, jika ke Jogja tepatnya ke Gunung kidul harus mencicipi makanan khas satu ini. Sego abang terbuat dari bahan olahan beras merah, dengan protein tinggi. Beras merahnya dibuat dari olahan yang tidak menggunakan pupuk kimia, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi bersama lauk pauk kesukaan Anda.

15. Kue adrem

Kue-adrem

Jenis makan khas Jogja berupa kue, adalah kue adrem. Kuenya berasal dari Sanden, banthul. Kuenya dibuat dari bahan tepung beras ditambah gula jawa merah yang digoreng. Rasanya nikmat dan unik dengan rasa manis, gurih, dan ketika digigit menimbulkan rasa legit, kue ini sangat cocok jika disajikan dengan minuman hangat seperti teh manis atau kopi hitam.

Baca juga: Beberapa Resep Asinan Khas Bogor Yang Lezat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*