Makanan Khas Garut yang Paling Enak dan Paling Favorit

makanan-khas-garut-baso-aci

Kulinerankuy.com – Ketika membicarakan masalah daerah maka pastinya yang akan langsung ada dipikiranmu adalah tentang makanan khasnya.

Makanan yang seperti apa yang menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke sebuah daerah.

Begitu juga dengan kota Garut, pastinya saat kamu berkunjung ke kota Intan tersebut akan berburu oleh oleh berupa makanan khas dari kota tersebut.

Lalu makanan khas Garut apa saja yang enak dan banyak difavoritkan para wisatawan?

Berikut dibawah ini ada 6 makanan khas Garut yang paling enak dan paling favorit, diantaranya yaitu:

1. Nasi Liwet

Jika kamu sedang berlibur ke Garut dan ingin mencari rumah makan atau restoran yang paling enak dan banyak dikunjungi, kamu bisa mampir ke RM.

Asep Strawberry yang berada di Jalan Raya Kadungora No. 245, Leles Garut. Nasi liwet adalh pilihan menu yang wajib kamu coba saat mengunjungi rumah makan tersebut.

Banyak wisatawan yang menggemari menu nasi liwet tersebut karena rasanya yang beda dan unik penyajiannya.

2. Sambal Cibiuk

Sambal Cibiuk adalah salah satu sambal favorit di kawasan Jawa Barat. Pasalnya sambal ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dari sambal sambal lainnya.

Selain itu sambal ini juga memiliki penampilan yang mengguggah selera karena terbuat dari bahan bahan yang berwarna hijau seperti cabai rait hijau, tomat hijau, dan juga daun kemangi.

Jika kamu penasaran dengan rasa sambal cibiuk ini bisa mampir ke RM. Cibiuk – Garut atau restoran yang menyediakan jenis sambal yang satu ini.

3. Soto Ayam Garut

Soto ayam Garut ini memang cukup terkenal berkat rasa dan penampilannya yang menggunggah selera.

Kuah sotonya yang berasa asin gurih menggunakan santan kuning memang cukup pekat karena didalamnya banyak mengandung bumbu dan rempah rempah.

Kuah sotonya tidak hanya ditaburi daging saja tetapi ada juga kacang kedelai goring, daun bawang, dan yang lainnya.

Dimusim hujan seperti saat ini, menu makanan yang satu ini sangat cocok disantap, karena memang selalu dihidangkan dalam keadaan hangat.

Baca juga: 6 Makanan Khas Semarang Yang Enak, Mantap dan Murah

4. Bakso Mang Ano

Tidak hanya masyarakat sekitar Garut saja yang menggemari Bakso Mang Ano ini, karena mereka para wisatawan juga banyak yang menggemarinya.

Yang membuatnya menarik tidak hanya bakso uratnya saja, tetapi kuahnya juga sangat gurih, terlebih lagi adanya potongan potongan kulit kepala sapi yang empuk, sehingga dijamin membuat lidah menjadi tidak karuan.

Dengan hanya mengeluarkan uang Rp. 15.000 saja, kamu sudah bisa menikmati 1 porsi bakso di warung ini.

5. Baso Aci Atau Bacil

Baso Aci atau yang sering kali disebut bacil ini banyak digemari para remaja.

Pasalnya makanan ini rasanya pedas ditambah dengan adanya ceker dan tulang sehingga menjadikan menu makanan tersebut difavoritkan kaum millennial, dan pastinya karena murah juga.

6. Surabi

Salah satu makanan khas Sunda lainnya adalah Surabi. Surabi yang terbuat dari tepung beras dan kelapa ini dimasak dengan cara yang unik yaitu menggunakan arang, sehingga bau aroma dari makanan ini sangat khas.

Itulah 6 makanan khas Garut yang enak dan paling favorit. Selain itu masih ada makanan khas lainnya seperti Es Goyobod, Awug, Burayot, dan Kue Balok Maranti.

Pastinya kesemua makanan khas yang sudah disebutkan tadi akan menggugah selera kamu untuk mencoba mencicipinya satu per satu saat berkunjung ke Garut.

Baca juga: 5 Makanan Khas Bogor yang Wajib Kamu Coba

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*