Kembar Tapi Beda, 4 Makanan Khas Jepang Dan Korean Ini Sangat Mirip

makanan khas jepang
makanan khas jepang

Sebelum tren K-Pop melanda Indonesia, telrebih dahulu ada J-Pop yang mewabah. Saat itu, film-film dan komik Jepang, gaya rambut, tren berpakaian, serta makanan khas Jepang juga jadi incaran di Indonesia. Jepang dan Korea sendiri merupakan negara tetangga yang sama-sama maju dalam hal entertainment, budaya, dan kuliner. Termasuk untuk soal makanan khas, di Jepang dan Korea banyak sekali menu yang sudah mendunia.

Uniknya, kedua negara ini ternyata punya beberapa makanan khas yang bentuknya sangat mirip, namun memiliki rasa berbeda. Coba tes diri Anda, kira-kira tahu atau tidak beda dari makanan-makanan kembar berikut ini?

1. Sushi dari Jepang vs Kimbap dari Korea

Sushi dan Kimbap
Sushi dan Kimbap

Tak bisa dipungkiri lagi kalau sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang paling terkenal di seluruh dunia. Sedangkan di Korea, ada makanan yang sangat mirip dengan sushi bernama kimbap. Bahkan mungkin kalau hanya melihat tanpa mencicipinya, Anda tidak akan bisa tahu bedanya.

Sushi dan kimbap sama-sama dibuat dengan nasi lapis rumput laut yang digulung dan diberi berbagai isian di dalamnya. Bedanya, sushi berisi ikan mentah dan sayur, sedangkan kimbap berisi daging, telur dadar, serta sayuran yang matang. Sushi juga memiliki lebih banyak variasi, misalnya saja yang berbentuk bulatan nasi dengan irisan ikan di atasnya, sementara kimbap hanya terdiri dari satu jenis saja.

2. Gzoya dari Jepang vs Mandu dari Korea

Gzoya dan Mandu
Gzoya dan Mandu

Nah, camilan satu ini sering sekali muncul baik di film Jepang maupun Korea. Gyoza maupun mandu memiliki bentuk seperti pangsit yang dimasak dengan cara digoreng kukus, yakni dimasukkan ke dalam penggorengan tanpa dibalik-balik dan hanya dibiarkan berada di dalam wajan yang diberi air sampai matang.

Cara masak itu membuat bagian bawah gzoya dan mandu sangat renyah, sementara bagian atasnya lembut. Gyoza sendiri memiliki isian daging cincang dengan bumbu kecap asin, garam, serta bawang putih. Sedangkan mandu ada yang berisi daging, ayam, maupun kimchi. Kalau gyoza lebih sering disantap sebagai pendamping ramen, mandu sering dijadikan camilan dan dilahap saat panas.

3. Okonomiyaki dari Jepang vs Pajeon dari Korea

Okonomiyaki dan Pajeon
Okonomiyaki dan Pajeon

Okonomiyaki merupakan salah satu Japanese street food yang sudah banyak dijual di Indonesia, terbuat dari irisan kol yang dicampur dengan potongan gurita, udang , atau cumi kemudian diaduk dalam tepung dan dimasak di atas pan seperti dadar. Okonomiyaki yang sudah matang akan dilumuri saus khusus dan diberi mayones.

Sedangkan pajeon adalah berbagai jenis makanan yang dicelup dalam tepung dan kemudian digoreng. Keduanya sama-sama nikmat dan sering dijadikan favorit para turis. Hanya saja, okonomiyaki lebih sering dijadikan camilan sementara pajeon dijadikan pendamping nasi sebagai lauk.

4. Taiyaki dari Jepang vs Bungeoppang dari Korea

Taiyaki dan Bungeoppang
Taiyaki dan Bungeoppang

Satu lagi makanan Jepang dan Korea yang sangat mirip adalah taiyaki dan bungeoppang. Taiyaki dan bungeoppang adalah makanan manis yang adonannya mirip dengan pancake namun dicetak dalam bentuk ikan yang lucu. Di dalamnya diberi berbagai macam isian, kalau taiyaki berisi kacang merah, cokelat, maupun keju. Sedangkan bungeoppang lebih banyak berisi kacang merah.

Sebenarnya wajar saja kalau kedua negara tersebut memiliki banyak makanan yang mirip karena budaya mereka juga masih serumpun. Tapi Anda lebih suka yang mana nih, versi Jepang atau Korea?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*