Ini Dia Olahan Seafood Makanan Khas Indonesia!

Makanan olahan seafood
Makanan olahan seafood

Indonesia memiliki banyak makanan khas dengan cita rasa yang akan memanjakan lidah Anda. Mulai dari olahan daging, sayur, buah-buahan sampai pada makanan lautnya atau seafood. Biasanya daerah-daerah dekat laut Indonesia akan banyak memiliki olahan laut sebagai makanan tradisionalnya. Anda pun patut mencoba makanan seafood khas Indonesia ini, dijamin lidah Anda akan dimanjakan dan ketagihan.

Olahan Seafood Makanan Khas Indonesia

Berikut ini 5 olahan seafood khas Indonesia yang bisa Anda coba:

  1. Pempek

Image result for pempek

Olahan seafood pertama yang menjadi makanan khas Indonesia adalah pempek.  Makanan asal Palembang ini berbahan dasar ikan tenggiri. Pempek juga sudah lumrah Anda temukan di setiap daerah meski asalnya dari Palembang. Pempek sebenarnya juga banyak dipengaruhi oleh budaya Tiongkok yang pernah masuk ke Indonesia. Pempek disajikan bersama kuah pedas dan mie kuning. Pempek juga banyak variannya sepertu pempek kapal selam, pempek dengan isi telur dan masih banyak lagi.

  1. Sop Ikan Batam

Related image

Daerah yang sudah terkenal dengan barang-barang elektronik yang murah dan sebagai daerah masuk keluarnya barang dari Indonesia dan negara lain untuk diperdagangkan yakni Batam juga memiliki makanan khasnya yang terbuat dari olahan seafood. Makanan khas asal Batam ini adalah sop ikan. Sop ikan Batam ini memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu dengan memakai selada dan potongan tomat hijau dan sawi asin. Rasanya yang segar pun akan membuat lidah Anda merasakan lautan yang memang dekat dengan Batam. Sop ikan ini akan lebih nikmat jika Anda makan bersama nasi putih hangat.

  1. Arsik

Image result for arsik

Orang Batak yang hidup berdekatan dengan laut dan tinggal sekitar danau toba pastilah tidak akan asing lagi dengan makanan khas yang berasal dari olahan seafood yakni ikan, nama makanan khas ini adalah arsik. Tak hanya sekedat hidangan, ternyata arsik ini memiliko filosofi tersendiri bagi masyarakat Batak, yaitu kehidupan yang terlihay dari cara pengolahan dan penyajiannya. Ikan mas yang biasa digunakan untuk dijadikan arsik ini tidak boleh dipotong-potong karena melambangkan keutuhan manusia secara fisik maupun rohani. Bahan yang harus ada ketika ingin membuat arsik adalah andaliman, kecombrang, asam gelugur atau patikala, dan lokiok atau bawang Batak.

  1. Asam padeh

Image result for Asam padeh

Jika Anda menyukai makanan pedas pastilah cocok dengan makanan yang berasal dari daerah Minang ini. Asam padeh merupakan makanan asal Minang yang terbuat dari ikan sebagai bahan utamanya. Makanan ini juga bersantan khas Minang yang selalu dekat dengan santan untuk membuat makanan khasnya. Rasa pedas ini juga hadir karena rempah-rempah yang digunakannya seperti asam kandis atau asam jawa, cabai, dan rempah lainnya yang akan menambah rasa gurih dari asam padeh ini.

  1. Lempah kuning

Image result for Lempah kuning

Satu lagi daerah Indonesia yang memiliki makanam khas dari olahan seafood, yakni Belitung. Mungkin Anda sudah tahu jika Belitung memiliki pantai yang indah dan menjadikannya sebagai destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi. Tapi selain pergi ke pantai, Anda juga wajib mencicipi makanan khas lempah kuning yang terbuat dari ikan. Lempah kuning seperti namanya disajikan dengan kuah berwarna kuning dengan rasa yang pedas, asam, gurih dan segar. Satu bahan yang membuat lempah kuning ini berbeda dengan hidangan ikan kuah kuning lainnya, yaitu potongan nanas yanh dimasak bersama ikan membuat rasa makanan ini segar dan enak untuk disantap setelah Anda berlibur di pantai Belitung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*