Doyan Makanan Jepang? Pastikan Anda Coba 4 Jenis Onigiri Ini

kuliner khas jepang
kuliner khas jepang

Kalau Anda suka mengonsumsi makan Jepang atau minimal hobi membaca manga dan nonton anime, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya onigiri. Sering juga disebut sebagai nasi kepal, onigiri termasuk makanan tradisional Jepang yang masih sangat disukai hingga saat ini.

Onigiri biasa dijadikan bekal saat dalam perjalanan atau piknik karena praktis dan mengenyangkan. Onigiri ini terbuat dari nasi yang dibentuk menjadi segitiga dengan berbagai variasi pembungkus dan isian. Saat ini onigiri sudah menjadi makanan cepat saji yang bahkan bisa didapatkan di minimarket.

Nah, onigiri ternyata terdiri dari banyak jenis berbeda, lho. Yuk, simak apa saja jenisnya dan pastikan Anda mencobanya:

1. Wrapped onigiri

Wrapped onigiri kuliner khas jepang
Wrapped onigiri kuliner khas jepang

Ini merupakan bentuk paling dasar dari onigiri. Berbentuk segitiga dengan lembaran nori sebagai pembungkus di bagian luarnya, onigiri ini banyak disukai dan dijadikan menu ketika bepergian. Ada onigiri yang hanya terdiri dari nasi dan nori saja karena biasanya disantap dengan lauk lain.

Tapi ada pula yang di dalamnya memiliki isian misalnya saja daun sesawi yang diasinkan, daun ooba, kombu, dan juga acar selada. Untuk membentuk onigiri jadi segitiga sempurna dibutuhkan keterampilan tersendiri dan tidak semua orang bisa melakukannya. Tapi di zaman modern seperti saat ini, sudah banyak alat diciptakan untuk mencetak onigiri.

2. Seasoned onigiri

Seasoned onigiri makanan khas jepang
Seasoned onigiri makanan khas jepang

Anda tidak terlalu suka dengan onigiri yang dibalut rumput laut? Cobalah seasoned onigiri. Bentuknya sama persis dengan wrapped onigiri, hanya saja bagian luarnya ditaburi bubuk wijen maupun furikake untuk menambah rasa gurih.

Furikake sendiri adalah bubuk yang terdiri dari berbagai bahan yang sangat cocok disantap dengan nasi. Onigiri yang satu ini umumnya tidak memiliki isian dan biasanya dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain.

3. Yaki onigiri

Yaki onigiri kuliner khas jepang
Yaki onigiri kuliner khas jepang

Kalau Anda merupakan pecinta makanan yang dipanggang, wajib mencoba yang namanya yaki onigiri ini. Yaki onigiri adalah onigiri berbentuk bulat yang tidak dilapisi nori, lalu dipanggang di atas api terbuka hingga nasi di bagian luarnya kering dan menjadi renyah.

Kadang juga ditambahkan irisan daging tipis sebagai pembungkus onigiri sebelum dipanggang. Onigiri ini biasa disantap dengan siraman saus manis gurih yang akan melengkapi rasanya.

4. Mixed rice onigiri

Mixed rice onigiri makanan khas jepang
Mixed rice onigiri makanan khas jepang

Untuk Anda yang ingin pilihan lebih sehat dalam menyantap onigiri, cobalah mixed rice onigiri. Berbeda dengan onigiri biasa yang terbuat dari nasi putih, jenis ini menggunakan nasi merah sebagai bahan utama.

Itu pun masih dicampur dengan berbagai biji-bijian seperti gandum dan barley. Ada pula onigiri yang terbuat dari campuran edamame, rumput laut, kerang, jahe, dan kacang merah yang dicampur kemudian dikepal.

Hmm, nikmat sekali ya, berbagai jenis onigiri tersebut? Isian onigiri sendiri sangat bervariasi, tapi yang paling populer adalah salmon dan tuna yang biasanya dibumbui dengan mayones Jepang. Untuk versi tradisionalnya ada pula onigiri dengan isian acara atau umeboshi. Banyak pula onigiri vegetarian yang hanya menggunakan isian sayuran yang diasinkan dan juga rumput laut.

1 Trackback / Pingback

  1. Resep Kue Kering Garpu Keju yang Begitu Nikmat dan Renyah - Kulineran Kuy!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*