4 Makanan Khas Bandung yang Mudah Anda Temui

Makanan khas bandung murah meriah
Makanan khas bandung murah meriah

 

Makanan Khas adalah makanan yang hanya ada di daerah tertentu dan tidak bisa Anda dapatkan di semua tempat. Seperti Indonesia yang memiliki banyak wilayah, maka masing2 daerahnya memiliki makanan khas dengan cita rasa yang unik. Seperti makanan khas Bandung yanh akan mudah Anda temui jika berkunjung ke daerah Bandung dan sekitarnya.

  1. Nasi Tutug Oncom

Image result for Nasi Tutug Oncom

Oncom, makanan khas dari Bandung ini memiliki rasa yang khas. Oncom bisa dijadikan berbagai macam olahan seperti keripik dan campuran makanan, salah satunya Nasi Tutug Oncom yang bisa Anda dapatkan di rumah makan khas Sunda. Nasi Tutug Oncom ini memiliki rasa yang khas dan nikmat, apalagi jika Anda menyantapnya dalam keadaan hangat, ditemani dengan ayam goreng, tumis sayur, terong balado, lalaban, sambal dan kerupuk. Udara sejuk Bandung akan semakin menambah kenikmatan Nasi Tutug Oncom ini.

  1. Nasi Liwet

Image result for nasi liwet sunda

Satu lagi menu makanan khas tanah Sunda yang bisa dengan mudah Anda dapatkan, yakni Nasi Liwet. Mungkin Anda juga bisa mendapatkan Nasi Liwet di Solo. Tapi ada perbedaan antara Nasi Liwet Sunda dan Solo. Nasi Liwet Sunda ini tidak dibuat dengan campuran santan seperti di Solo. Nasi hanya dimasak dengan menggunakan campuran rempah-rempah seperti bawang merah, daun salam dll. Lauk untuk Nasi Liwet pun beragam, bisa dengan ikan asin, tahu, tempe, sambal, lalaban atau yang lainnya. Cara makannya pun akan semakin nikmat jika menggunakan daun pisang dan bersama-sama dengan keluarga atau teman.

  1. Lotek

Image result for lotek bandung

Mungkin Anda sudah biasa melihat atau menyantap karedok di Jakarta. Anda juga bisa menikmati lotek makanan khas dari Bandung. Jika Anda berkunjung ke Bandung pasti akan banyak menemukan tukang lotek kaki lima yang rasanya tidak kalah dengan lotek di rumah makan atau hotel. Lotek ini terbuat dari campuran sayur-sayuran dan sambal kacang. Ada dua jenis lotek di Bandung yang menjadi ciri khasnya, yakni lotek mentah yang terdiri dari sayuran mentah yang hanya dicuci dan dipotong-potong, kemudian ada juga lotek masak yang terbuat dari sayuran yang direbus.

  1. Mie Kocok Bandung

Image result for Mie Kocok Bandung

Banyak yang menyukai makanan yang terbuat dari mie kuning ini. Anda juga bisa mendapatkan Mie Kocok Bandung di stand-stand pernikahan. Mie Kocok Bandung biasanya selalu disajikan dengan tambahan toge yang sudah direbus, bakso, irisan kikil, jeruk nipis, taburan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Anda juga bisa menambahkan babat sebagai isiannya, dan menmbah saus, kecap atau sambal pedas agar rasanya lebih nikmat lagi. Jika Anda berkunjung ke Bandung dan merasakan udara dinginnya, Anda bisa menghangatkan tubuh dan mengenyangkan perut dengan makan Mie Kocok Bandung yang lezat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*