Kue Lumpur Si Manis yang Temani Kudapan Lezat Anda

kue basah

Cemilan yang enak itu adalah yang mengenyangkan namun tidak membuat begah perut, cemilan tradisional dari Indonesia adalah yang pas. Anda mungkin akan senang ketika berjalan-jalan di setiap daerahnya, dan setiap daerah selalu mengenalkan makanan tradisionalnya masing-masing. Makanan khas tradisionalnya selalu berhasil menggoda masyarakatnya. Berbagai daerah biasanya memiliki makanan khas tradisionalnya masing-masing, ini karena setiap daerah memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing, sehingga inilah yang membuat Indonesia menjadi sangat unik.

Kue lumpur adalah satu dari beragam jenis kue basah yang bisa Anda coba, kuenya manis dan berbentuk bulat atau lonjong. Kue basahnya ini selalu sukses membius banyak kalangan karena dianggap selalu cocok dinikmati ketika ingin menikmati kudapan setelah makan. Meskipun terbuat dari santan, makanan satu ini selalu berhasil memberikan rasa yang pas dan tidak cepat mengenyangkan perut. Kue lumpur ini merupakan kue yang banyak ditemukan didaerah Jawa Barat, ini adalah kue asal daerah Jawa barat yang sekarang sudah banyak dibuat di daerah lain juga.

kue basah

Cara Membuat Kue Basah, Kue Lumpur yang Manis dan Lembut

Kue basah satu ini disebut kue lumpur, karena tekstur lembut dari bagian kuenya benar-benar membuat siapa saja tergiur. Jika biasanya kueh basah tetap bertekstur padat, maka kue lumpur ini bertekstur lebih meleleh, sehingga ketika dimakan memberikan sensasi yang unik untuk dinikmati. Kue lumpur memang sudah dijual dimana saja, namun jika Anda ingin menikmati kuenya sekarang juga, Anda bisa membuat sendiri kuenya, karena kueh satu ini termasuk kedalam 5 resep kue basah dari berbagai daerah yang juga mudah dibuat.

Sekian banyak kue basah yang ada, tentunya beberapa orang memiliki kesukaannya masing-masing. Namun, kue basah seperti kue lumpur ini selalu menjadi favorit bagi banyak kalangannya. Ada banyak kalangan yang masih belum tahu dengan penyebutan kue satu ini, kebanyakan orang hanya menyebutnya sebagai kue basah dan tidak tahu bahwa penyebutannya disebut kue lumpur. Nah, untuk menikmatinya Anda bisa membuatnya sendiri, dengan mengikuti cara-cara berikut,

Bahan-bahan pembuatan kue lumpur

  • Kentang 200 gr
  • 150 ml santan
  • Tepung terigu 100 gr
  • 100 gr gula putih
  • Telur ayam 2 butir
  • Margarin 50 gr
  • 100 ml air putih
  • Pisang
  • Kismis
  • Chocochips
  • Vanili

Cara membuat kue lumpur:

  1. Buat dulu adonan  awal kuenya: kukuslah kentang kemudian haluskan kentangnya. Rebus santan dan tambahan air sampai mendidih, lalu dinginkan. Setelah air rebusannya dingin campurkan dengan kentang yang sudah dihaluskan sebelumnya bersama santan kemudian blender hingga menjadi lembut.
  2. Adonan selanjutnya , campur gula dan telur, lalu kocok hingga berubah menjadi warna putih namun jangan sampai berbusa apalagi mengembang. Beri tambahan tepung terigu sedikit demi sedikit , kemudian tambahkan juga margarin dan vanili, kocok kembali dan sisihkan.
  3. Campurkan adonan yang pertama kali dibuat, juga adonan selanjutnya
  4. Kocok hingga merata, lalu barulah tuangkan kedalam cetakan.
  5. Panggang adonan dengan api yang kecil jangan terlalu besar, tutup dan biarkan sampai matang.
  6. Setelah matang angkat dan beri hiasan atau topping kismis chocochips, pisang. Matang dan sajikan kue lumpurnya.

Mudah bukan? Kue lumpur yang Anda buat sebenarnya bisa diberikan berbagai macam topping kesukaan Anda. jadi Anda bisa memilih sesuai topping kesukaan Anda, hidangan ini akan semakin menarik dengan teman minuman tradisional atau dengan minuman biasa pun.

Nah sebentar lagi bulan Ramadhan juga akan tiba, kamu bisa membuat takjil manis untuk hidangan buka puasa kamu. Kamu bisa membuat minuman ataupun kue manis untuk buka puasa nanti!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*