Yuk, Lebih Jeli Saat Beli Ikan Beku Di Pasar Swalayan!

tips beli ikan beku di pasar swalayan
tips beli ikan beku di pasar swalayan

Ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh. Dan dibandingkan dengan ayam atau daging, ikan memiliki kolesterol yang lebih rendah sehingga lebih menyehatkan. Sayangnya, banyak orang yang enggan mengonsumsi ikan karena susah membersihkannya atau ada aroma amis yang tidak bisa hilang. Hal itu pula yang membuat banyak orang lebih suka membeli frozen fish alias ikan beku di swalayan,

Tapi sebelumnya, Anda perlu berhati-hati karena ikan beku tidak terjamin kesegarannya. Anda tidak tahu sudah berapa lama ikan tersebut dibekukan dan bagaimana prosesnya. Maka dari itu, sebelum membeli ikan beku di swalayan, simak dulu beberapa tips berikut ini:

Tips Membeli Ikan Beku di Pasar Swalayan

– Cermati status ikan

Di bungkus ikan beku biasanya ada tulisan yang menunjukkan kondisinya, misalnya saja fresh frozen. Istilah satu ini digunakan untuk menunjukkan ikan yang dibekukan untuk menjaga keawetannya dan biasanya tanpa bumbu apapun. Namun bisa jadi, sebelum dibekukan ikan sudah terlebih dahulu direbus untuk menjaga teksturnya.

Istilah lain yang juga banyak digunakan adalah quickly frozen dan flash frozen. Kalau yang satu ini, berarti ikan segar dibekukan secara cepat tanpa membiarkannya terpapar hal-hal yang berbahaya seperti udara berlebih.

– Beli ikan di tempat yang ramai pengunjung

Bisa dimengerti kalau Anda lebih memilih belanja di swalayan yang sepi pengunjung karena bisa lebih bebas memilih barang dan tak perlu antre. Tapi dengan kondisi tersebut, artinya bahan makanan segar yang dibekukan seperti ikan misalnya, akan lebih jarang laku. Jika tidak terlalu laku, maka ikan akan terus dibekukan sampai ada yang membelinya.

Kalau sudah seperti ini, jelas Anda akan mendapatkan ikan yang sudah tidak segar lagi dan tidak enak saat disantap. Selain itu, ada juga bahaya tertentu seperti kontaminasi bakteri yang mungkin terjadi saat ikan tidak sengaja dicairkan.

– Jangan membeli ikan beku untuk disimpan lagi

Kalau Anda membeli ikan beku, sebaiknya langsung masak di hari yang sama. Hindari untuk memasukkan ikan beku yang dibeli di swalayan ke dalam freezer, kemudian membiarkannya selama beberapa hari sebelum dimasak.

Sebab Anda tidak tahu sudah berapa lama ikan itu dibekukan, dan bisa jadi kondisinya sebenarnya sudah tidak layak makan namun tak terlihat karena keadaannya yang membeku.

– Berhati-hati saat membawanya ke rumah

Ikan beku sebaiknya menjadi barang terakhir yang Anda masukkan ke keranjang ketika berbelanja. Jangan mengambil ikan ketika pertama datang kemudian berkeliling untuk mencari bahan makanan lain. Hal ini akan membuat ikan jadi mencair dan bisa terkontaminasi bakteri jika tidak segera dimasak. Jika perjalanan ke rumah membutuhkan waktu lama, Anda bisa meminta icepack untuk dimasukkan ke dalam wadah ikan dan menjaganya tetap beku.

Kalau dalam kondisi terdesak, Anda bisa mencoba mempraktekkan tips tersebut saat membeli ikan beku. Tapi jika punya lebih banyak waktu, sebaiknya beli ikan segar di pasar karena rasanya lebih enak dan juga jelas lebih bebas bakteri. Selamat memasak ikan untuk keluarga tersayang!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*