Mengenal Keunikan Roti Tradisional Dari Berbagai Belahan Dunia

roti tradisional dari berbagai negera
roti tradisional dari berbagai negera

Siapa yang tak suka roti? Olahan dari tepung dan telur ini sangat digemari berbagai kalangan karena rasanya yang lezat dan juga teksturnya yang menyenangkan.

Roti yang kita kenal di Indonesia biasanya memliki tekstur empuk dan isian berbagai bahan manis maupun asin. Namun di banyak belahan dunia, roti ternayat memiliki wujud dan rasa yang sama sekali berbeda. Yuk, simak beberapa jenis roti tradisional dari beberapa negara berikut ini:

Roti Tradisional yang Unik dari Berbagai Dunia

Arepa

roti Arepa
Roti Arepa

Jangan bayangkan roti khas Venezuela dan Kolumbia ini memiliki bentuk menggembung dan empuk. Arepa lebih mirip seperti bakpia hanya saja lebih pipih lagi. Roti ini terbuat dari tepung jagung yang dipanggang di atas bara api atau bisa juga digoreng dan dioven.

Arepa sendiri memiliki rasa yang cenderung hambar namun hal tersebut tidak jadi masalah karena di dalamnya terdapat berbagai isian seperti keju, ham, kacang hitam, chicken salad, alpukat, telur, dan juga daging cincang. Hal tersebut membuat rasa arepa sangat gurih dan nikmat disantap untuk pengganti makanan berat.

Damper

Roti Damper
Roti Damper

Damper merupakan salah satu jenis soda bread atau roti yang menggunakan pengembang berupa sodium bicarbonate alias baking soda sebagai pengganti ragi. Roti yang berasal dari Australia ini memiliki bentuk seperti roti burger namun berukuran sangat besar dengan permukaan berongga yang terlihat kasar.

Roti satu ini terbuat dari tepung, air, dan sedikit garam yang dipanggang di api terbuka. Karena rasanya cenderung hambar dan teksturnya juga keras, damper banyak dijadikan pendamping saat mengonsumsi stew alias sup berkuah kental yang biasanya dibuat untuk musim dingin. Namun damper bisa juga diiris tipis dan dijadikan sandwich dengan dilapisi daging.

Grissini

Roti Grissini
Roti Grissini

Kalau melihat wujudnya, Anda mungkin mengira grissini ini bukan tergolong ke dalam jenis roti. Hal ini disebabkan grissini berbentuk seperti stik dengan tekstur yang sangat renyah. Terbuat dari campuran tepung, telur, dan air, grissini ini sebenarnya merupakan jenis roti hanya saja dipanggang hingga benar-benar kering.

Grissini biasanya juga dilengkapi dengan berbagai jenis herb untuk memberikan rasa gurih. Selain banyak dijadikan roti pembuka makanan, grissini juga bisa dikonsumsi bersama dengan sup.

Vanocka

Roti Vanocka
Roti Vanocka

Nah, berbeda dengan jenis roti lain, vanocka merupakan roti manis yang berisi kismis dengan topping kacang almond dan taburan gula. Vanocka adalah roti tradisional yang berasal dari Cekoslovakia dan juga Slovakia.

Roti manis ini biasanya disajikan pada saat Natal. Berbeda dengan roti gurih yang biasanya disantap bersama sup atau daging, vanocka nikmat dimakan begitu saja karena rasa manisnya yang dominan.

Menggiurkan sekali ya, roti dari berbagai negara tersebut? Indonesia sendiri bisa dibilang tidak memiliki jenis roti tradisional. Meski demikian, setiap daerah umumnya memiliki olahan sejenis roti atau bolu yang umumnya berasa manis. Namun di Indonesia roti bukanlah makanan utama dan jarang dikonsumsi bersamaan dengan lauk. Walau saat ini sudah ada juga beberapa jenis roti asin yang mulai dibuat, namun kebanyakan mengadopsi roti dari negara lain seperti tortilla atau prata.

1 Trackback / Pingback

  1. Selain Indonesia, Di 4 Negara Ini Bisa Menikmati Kuliner Jeroan Loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*