Mengenal Aneka Mie Khas Asia Yang Menggoyang Lidah

aneka mie khas
aneka mie khas

Anda pasti sudah tak asing dengan ramen dari Jepang. Hidangan mie ini memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Selain ramen, Anda juga pasti sudah familiar dengan Pad Thai dari Thailand. Pho dari Vietnam, dan juga laksa dari Singapura. Tapi selain hidangan-hidangan tersebut, masih ada menu mie khas negara Asia lainnya yang layak Anda coba seperti berikut ini:

Mie goreng asal Laos, Kue Mee

Sekilas, tampilan Kua Mee tampak serupa dengan mie pangsit yang biasa dijumpai di Indonesia. Kua mee sendiri artinya mie tumis, merupakan mie telur yang direbus kemudian ditumis dengan berbagai bumbu seperti bawang merah dan bawang putih, kecap ikan, serta sedikit gula.

Mie kemudian ditumis hingga tercampur sempurna dengan bumbunya. Setelah itu, mie disajikan dengan taburan taoge, telur, dan juga irisan daging babi. Jangan lupa tambahkan irisan daun bawang. Mie ini cocok sekali disantap sebagai hidangan ringan di tengah waktu makan.

Mie dengan rasa kari dari Myanmar, Nan Gyi Thoke

Kalau Anda berkunjung ke Myanmar, pastikan tidak melewatkan olahan mie yang bernama Nan Gyi Thoke. Berbeda dengan sajian mie lainnya, mie satu ini merupakan jenis salad yang biasa dikonsumsi sebagai hidangan pembuka. Tapi bukannya berisi sayuran, salad ini justru terbuat dari mie telur yang sangat tebal dengan lumuran saus kari yang super gurih.

Untuk menyantapnya, Anda bisa mengucuri Nan Gyi Thoke dengan perasan jeruk nipis serta menambahkan cincangan daun ketumbar di atasnya. Nan Gyi Thoke juga sering disantap dengan irisan ayam dan telur rebus.

Mie dari Kamboja yang bersaudara dengan kwetiau, Kuy Teav

Dari namanya, Anda tentu bisa menebak kalau olahan mie satu ini memiliki rasa yang mirip dengan kwetiau asal China. Kuy Teav memang seperti halnya kwetiau yang terbuat dari tepung beras dan memiliki warna putih bening. Hanya saja, Kuy Teav diiris tipis dan bukannya melebar seperti kwetiau. Dari segi rasa, Kuy Teav juga sangat kenyal dan gurih. Hidangan satu ini biasanya disajikan dengan banyak kuah yang berasal dari kaldu babi.

Kuy Teav diumbui dengan minyak bawang putih, saus tiram, serta sedikit cabai yang sudah dihaluskan. Di atasnya ditambahkan daging babi rebus yang diiris melebar dengan potongan daun ketumbar. Kaldunya yang bening dan gurih membuat olahan mie satu ini cocok disantap ketika udara dingin.

Mie dengan campuran aneka kaldu daging asal Filiphina, Batchoy

Penggemar daging tentu jatuh cinta dengan olahan mie asal Filiphina ini. Batchoy adalah jenis mie telur yang berkuah dengan kaldu yang berasal dari jeroan babi dibumbui dengan bawang putih serta kecap ikan yang gurih.

Sebagai toppingnya, diberikan irisan daging babi, sapi, dan ayam yang membuat rasanya makin nikmat. Supaya rasanya tidak terlalu berat, Anda bisa menambahkan irisan daun bawang sebelum menyantapnya.

Tak menyangka ya, kalau Asia ternyata kaya sekali dengan hidangan mie? Masukkan menu-menu tersebut ke dalam daftar Anda saat bepergian ke negara tersebut suatu hari nanti.

1 Trackback / Pingback

  1. Ternyata Ini Lho, Rahasia Dibalik Sedapnya Makanan Korea -

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*