4 Manfaat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan

manfaat-air-kelapa-hijau

Kulinerankuy.com – Apa saat ini kamu sedang ingin minum minuman yang ada rasanya, tetapi ingin tetap sehat?

Jika iya, meminum air kelapa hijau bisa menjadi pilihan yang benar dan tepat.

Air kelapa hijau ini tidak hanya enak rasanya tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Didalam air kelapa hijau terkandung berbagai elektrolit yang baik untuk tubuh, dan salah satunya adalah natrium.

Penting untukmu mengkonsumsi natrium yang dapat membantu menjaga keseimbangan komposisi garam didalam tubuh.

Air kelapa hijau juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti adanya Vitamin C, Vitamin B kompleks, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc.

Minuman ini juga kalorinya rendah dan gulanya juga rendah, sehingga sangat baik jika air kelapa hijau ini diminum secara teratur.

Lalu manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan tubuh itu apa saja ya?

Berikut dibawah ini 4 manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan diantaranya yaitu:

1. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Bahan antimikroba berupa asam larut alami didalam air kelapa hijau dapat membantu melindungi kulit dari resiko terkena infeksi.

Protein sitoken didalam air kelapa hijau juga dapat membantu mengendalikan pertumbuhan sel dan mencegah peradangan pada sel kulit.

Dengan begitu bisa dicegahnya kemunculan jerawat dan penuaan dini.

Sehingga jika kamu ingin memiliki kulit sehat dan terhindar dari jerawat serta resiko penuaan dini, sebaiknya mengkonsumsi air kelapa hijau ini secara rutin.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Adanya beberapa penelitian yang menunjukkan jika air kelapa hijau ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat berkurangnya risiko terkena diabetes.

Air kelapa hijau ini memang memiliki rasa manis alami, sehingga saat mengkonsumsinya tidak perlu menambahkan lagi gula atau pemanis buatan.

Air kelapa hijau juga bisa menjadi sumber magnesium yang baik, sehingga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan prediabetes.

Baca juga: 3 Makanan Khas Malang Yang Enak dan Lezat

3. Mencegah Terjadinya Penyakit Batu Ginjal

Salah satu tips penting untuk mencegah terjadinya batu ginjal adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Selain air putih, alternatif lain yang bisa dijadikan pilihan didalam memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan adalah air kelapa hijau.

Pada dasarnya batu ginjal akan terbentuk saat kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bergabung membentuk Kristal didalam urine.

Setelah senyawa senyawa tersebut bergabung akan membentuk seperti sebuah batu.

Para peneliti percaya jika air kelapa hijau ini dapat membantu mengurangi produksi radikal bebas, yang terjadi sebagai respons terhadap tingginya kadar oksalat didalam urine.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Air kelapa hijau tidak hanya baik untuk ginjal saja, tetapi juga baik untuk kesehatan jantung.

Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin maka dipercaya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Didalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, para peneliti menemukan jika tikus yang mengkonsumsi air kelapa hijau akan mengalami pengurangan kadar kolesterol darah dan trigliserida.

Tikus tikus tersebut juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan. Oleh karena itu jadikan mengkonsumsi air kelapa hijau ini sebagai kebiasaan baik untuk menjaga tubuh tetap sehat, termasuk organ tubuh.

Selain itu masih ada manfaat lainnya minum air kelapa hijau untuk kesehatan seperti membantu mengatasi tekanan darah, memulihkan dehidrasi setelah berolahraga, dan menangkal radikal bebas.

Itulah manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan tubuh. Bagaimana sudah siapkah minum air kelapa hijau secara rutin mulai saat ini?

Baca juga: Makanan Khas Lombok Untuk Anda Yang Hobi Kuliner Pedas