Wah, Makanan Sisa Bisa Diolah Lagi Dengan Cara Ini Lho !

cara mengolah makanan bekas
cara mengolah makanan bekas

Anda tentu merasa sayang ya, saat setiap hari harus membuat sisa masakan yang tidak termakan. Meski sebetulnya masih layak dikonsumsi, namun seringkali anggota keluarga memprotes kalau sampai menu yang sama disantap hingga dua hari.

Nah, kalau Anda mau sedikit putar otak, sebenarnya makanan sisa yang masih layak konsumsi bisa diolah jadi menu lain yang tak kalah lezatnya dan pasti disukai keluarga tercinta. Nggak percaya? Yuk, simak apa saja makanan sisa yang bisa Anda olah jadi menu baru berikut ini:

Cara Mengolah Makanan Sisa

– Tumis sayuran

Kalau ada sisa cah brokoli, oseng sawi, ataupun tumis wortel dan kentang, jangan terburu-buru membuangnya. Anda bisa mengolahnya menjadi menu lain yang tak kalah lezat, yakni nugget sayuran. Tinggal pisahkan sayuran tersebut dari kuahnya, kemudian blender hingga sedikit halus namun jangan sampai menjadi bubur.

cara mengolah tumis sayuran bekas
cara mengolah tumis sayuran sisa

Campurkan sayuran yang sudah diblender dengan tepung lalu taruh di loyang dan kukus hingga matang. Setelah itu, potong adonan yang sudah matang dan lumuri dengan telur kocok serta tepung roti. Setelah itu, goreng hingga keemasan dan santap berdampingan dengan mayones, saus tomat, serta saus sambal. Dijamin keluarga tersayang tak akan pernah mengira kalau nugget nikmat tersebut dibuat dari sisa sayur yang tak termakan.

– Nasi

Nah, sisa nasi juga seringkali menumpuk sampai harus dibuang. Mengolah menjadi nasi goreng tentu sudah biasa. Kali ini Anda bisa menjadikannya camilan lezat yakni bola nasi renyah isi mozarella. Untuk membuatnya sangat muda, pertama siapkan potongan keju mozarella dan juga isian lain sesuai selera, misalnya saja sosis atau smoked beef.

cara mengolah nasi sisa
cara mengolah nasi sisa

Jika sudah, ambil sesendok nasi dan pipihkan di atas telapak tangan yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air. Isi nasi pipih tersebut dengan sosis atau smoked beef dan mozarella, kemudian bentuk menjadi bulatan yang sempurna. Setelah itu, celupkan bola nasi ke dalam telur kocok dan tepung panir. Goreng hingga permukaannya garing. Bola nasi ini pasti laris manis dijadikan camilan sambil nonton televisi. Bagian luarnya garing, sedangkan bagian dalamnya lembut dan gurih karena ada keju mozarella.

– Ayam goreng

Hmm, ayang goreng merupakan salah satu menu favorit keluarga yang mudah sekali dibuat dan rasanya dijamin enak. Tapi ada kalanya keluarga juga merasa bosan menyantap ayam goreng sehingga apa yang sudah Anda masak tak tersentuh. Jangan terburu membuangnya! Olah lagi ayam goreng tersebut menjadi Japanese Curry yang nikmat.

cara mengolah ayam goreng sisa
cara mengolah ayam goreng sisa

Caranya, pisahkan daging ayam dari tulangnya. Jika itu ayam tepung, maka buang bagian tepungnya dan ambil dagingnya saja. Setelat itu, iris kentang, wortel, dan bawang bombay menjadi bentuk dadu kecil.

Tumis sayuran tersebut dengan sedikit minyak hingga layu, kemudian masukkan ayamnya. Lalu tuangkan air dan biarkan hingga mendidih, setelah itu masukkan Japanese Curry block yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Biarkan bumbu kari meleleh, aduk hingga merata dan sajikan dengan nasi hangat.

Tak menyangka bukan, kalau makanan-makanan sisa bisa disulap jadi menu baru yang menggugah selera? Pastikan Anda mencobanya, ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*