Beberapa Makanan Sehat Untuk Buka Puasa Agar Badan Selalu Fit

makanan sehat buka puasa
makanan sehat buka puasa

Selama bulan puasa kita diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan. Didalam menjaga kesehatan selama berpuasa ini tidak hanya dapat dilakukan dengan berolahraga atau istirahat yang cukup saja, tetapi juga dapat dilakukan dengan memperhatikan menu makanan buka puasa.

Hal ini dikarenakan tubuh akan kehilangan banyak energi dan cairan setelah seharian berpuasa. Sehingga mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi pada saat berbuka puasa adalah suatu keharusan. Berikut beberapa makanan sehat untuk berbuka agar badan selalu fit diantaranya yaitu :

  1. Buah Yang Segar

Untuk berbuka puasa buah buahan yang segar akan menjadi makanan yang sehat dikarenakan akan mudah dicerna oleh usus. Buah yang baik untuk berbuka itu seperti pepaya, pisang, dan melon, karena ketiga buah buahan itu kaya akan serat sehingga akan dapat membangkitkan energi yang telah hilang.

  1. Sayur Sayuran

Untuk makanan berbuka puasa sayur sayuran juga sangat cocok karena akan mudah dicerna oleh tubuh. Lambung akan beristirahat saat berpuasa sehingga lambung itu ukurannya akan mengecil dan akan berkurangnya enzim pencernaan didalam tubuh. Sayuran yang berwarna hijau paling baik untuk dikonsumsi karena sayuran ini mengandung banyak nutrisi.

  1. Madu

Madu ini merupakan makanan yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin, antioksidan, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, sulfur, dan juga mangan. Metabolisme didalam tubuh akan lancar dan gangguan pencernaan juga akan dapat teratasi dengan mengkonsumsi madu ini.

  1. Ikan

Makanan berat yang paling baik untuk berbuka adalah ikan, karena ikan ini memiliki manfaat yang banyak sekali untuk tubuh. Hal ini dikarenakan ikan ini mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin d, vitamin B2, dan juga sejumlah mineral.

  1. Telur

Mengkonsunsi telur pada saat berbuka juga baik karena telur ini akan mudah dicerna oleh tuibuh dan juga musal didalam penyiapan dan penyajiannya. Dan bahkan telur ini kandungan proteinnya tinggi. Ada enam gram protein dan sembilan macam asam amino didalam satu butir telurnya.

Itulah beberapa makanan sehat untuk berbuka agar badan selalu sehat. Dengan mengkonsumsi kelima makanan diatas maka dapat dipastikan tubuh akan selalu sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*